Empat Laporan ARIMBI “Ngadat” di Polda Riau, Dua Jenderal Terkonfirmasi Bungkam?

Empat Laporan ARIMBI “Ngadat” di Polda Riau, Dua Jenderal Terkonfirmasi Bungkam?

Pekanbaru - Kepala Suku Yayasan Anak Rimba Indonesia (ARIMBI) Mattheus, S, kembali mempertanyakan 4 laporan ARIMBI yang mengendap di Mapolda Riau. Laporan pertama pencemaran lingkungan yang diduga dilakukan oleh PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Kedua laporan Bupati Meranti yang diduga membuang sampah di kawasan pantai Mekong, Kepulauan Meranti, ketiga laporan normalisasi Sungai Bangko di Rohil yang tidak memiliki Amdal dan penyalahgunaan wewenang, keempat laporan beberapa pejabat di Rohul karena terindikasi membuang limbah medis RSUD di Rohul.

“Kita sudah bersusah payah menurunkan tim ke seluruh lokasi membantu Polisi guna  mempermudah dalam pemeriksaan pidananya, namun sampai sekarang belum satupun kita dengar Polda Riau melahirkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP),” katanya, Selasa (30/8/22).

Yang lebih konyol lagi kata Mattheus, terkait laporan pencemaran lingkungan pantai mekong di Kepulauan Meranti, terdengar nada sumbang bahwa Bupati Meranti ketika dikonfirmasi media mengaku sudah menyelesaikan pihak Polda Riau. “Namun seperti apa arti kata penyelesaiannya itu kita tidak tahu arah pernyataan Bupati Meranti tersebut kemana?.

“Apakah Bupati Meranti telah memberikan “upeti” kepada oknum di Polda Riau atau hanya dengan kata-kata saja dianggap Bupati Meranti sudah selesai. Kita tidak pernah tahu faktanya laporan tersebut jalan ditempat dan belum terdengar apakah Polda Riau sudah memanggil Bupati Meranti untuk diambil keterangannya,” ulas Mattheus.

Anehnya dikonfirmasi pada 3 Pejabat tinggi di Polda Riau, tak kunjung menjawab. Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau Kombes Pol Ferry Irawan, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, terkesan bungkam. Bahkan media ini sudah mencoba mengkonfirmasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, tetapi beliaupun tidak menjawab.

“Artinya dua Jenderal diam, mungkin mereka sibuk,” pungkas Mattheus.
Berikut Konfirmasi tersebut ;

Konfirmasi, Pak Dir, berdasarkan keterangan 4 Laporan ARIMBI Ditreskrimsus Polda Riau detri sebutkan belum ada satupun yang jalan : 

  1. Laporan Limbah CPI buang dalam lahan warga Minas…?
  2. Laporan Bupati Meranti Buang sampah di pinggir pantai Mekong sehingga mencemari laut. Informasi dari meranti “Di Polda udah selesai? dan ARIMBI juga sudah selesai, Pernyataan Kepala Suku ARIMBI Mattheus. S “Bohong itu, ARIMBI katanya selesai Fitnah”. Lalu Polda Sendiri Gimana?.
  3. Laporan Normalisasi Sungai Bangko di Rohil yang tidak memiliki Amdal, dan penyalahgunaan wewenang beberpa pejabat di Riau.
  4. Laporan Limbah medis Rumah sakit di Rohul. Makasih Komandan.

- CC Konfirmasi :

  • Kapolri Listyo Sigit Prabowo.
  • Kapolda Riau.
  • Humas Polda Riau

Berita terlampir : 

https://www.kabarriau.com/berita/5165/momen-hari-lingkungan-sedunia-arimbi-laporkan-pt-cpi-pemerintah-tak-mampu-kita-bisa

https://www.kabarriau.com/berita/6824/arimbi-minta-saksi-ahli-laporan-pidana-pencemaran-pantai-mekong-diganti-diduga-tidak-independen

https://www.kabarriau.com/berita/6009/normaliasi-sungai-bangko-diduga-tanpa-izin-arimbi-tangkap-alat-berat-dalam-kawasan-hutan-di-rohil

https://www.kabarriau.com/berita/7467/cemari-lingkungan-dengan-limbah-medis-polda-riau-segera-periksa-dirut-rsud-rohul