Tingkatkan Perekonomian Warga, Dengan Otodidak Serda Yohanis Lilik Terus Mengasah Ilmu Cara Budidaya Kopi

Tingkatkan Perekonomian Warga, Dengan Otodidak Serda Yohanis Lilik Terus Mengasah Ilmu Cara Budidaya Kopi

Kabar Timika - Serda Yohanis Lilik anggota Koramil 07/Mapurujaya Kodim 1710/Mimika memanfaatkan waktu luangnya di tengah kesibukannya sebagai Babinsa.

Waktu luang tersebut digunakan dengan menanam kopi jenis Robusta yang berlokasi di Kampung Wania, Distrik Mimika Timur, Kab. Mimika. Demikian giat ini disampaikan Pen Kodim 1710/Mimika.

Ditemui di lahan kopi miliknya, Serda Yohanis Lilik mengatakan bahwa awalnya banyak kendala yang dihadapi dalam budidaya kopi Robusta tapi kendala tersebut tidak menjadi penghalang bagi Serda Yohanis.

Namun dijadikan sebagai penyemangat baginya, karena dia ingin membuktikan bahwasanya budidaya kopi bisa dijadikan sebagai mata pencaharian yang dapat meningkatkan perekonomian warga. Senin, 19 Juni 2023.

Serda Yohanis terus mengasah ilmu tentang cara budidaya kopi dengan otodidak. Budidaya kopi sudah ditekuni sejak beberapa tahun terakhir.

Semenjak tanaman kopi miliknya mulai menuai hasil, masyarakat di sekitar mulai berdatangan dan bertanya tentang cara budidaya kopi yang baik. Jika ada warga yang datang, Serda Yohanis meluangkan waktu untuk mengajari bahkan langsung diajak praktek karena dengan terjun langsung di lapangan mereka akan mudah mengerti.

Pada kesempatan inilah Serda Yohanis mengajak dan mengajari warga untuk memanfaatkan lahan tidur untuk budidaya kopi guna meningkatkan perekonomian keluarga. 

Serda Yohanis mengatakan sangat senang bisa berbagi ilmu kepada warga dan semoga ilmu yang diajarkan dapat bermanfaat bagi mereka.**