Orang Tua Murid SMPN 1 Mesiang; Makasih Bapak TNI Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang Sabar Melatih Anak Kami

Orang Tua Murid SMPN 1 Mesiang; Makasih Bapak TNI Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang Sabar Melatih Anak Kami

Kabar Ambon - Satgas Yonarmed 1 Kostrad melalui Pos Dobo memberikan pelatihan upacara bendera kepada siswa-siswi SMPN 1 Mesiang bertempat di Desa Mesiang, Kecamatan Aru Tengah Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

“Ini bentuk perhatian dan kepedulian dalam memupuk jiwa Nasionalisme kepada generasi muda bangsa kita,” kata Dansatgas Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M. dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Satgas, Desa Waiheru, Selasa (13/06/23).

Dansatgas mengungkapkan kegiatan ini berawal dari laporan salah satu guru SMPN 1 Mesiang bahwa selama ini di sekolahnya tidak pernah melaksanakan upacara bendera karena minimnya keterampilan dan pengetahuan tentang upacara bendera.

"Ini merupakan suatu hal yang sangat penting dilaksanakan karena upacara bendera adalah cara efektif sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, semangat kebangsaan dan cinta tanah air bagi generasi muda penerus bangsa," tutur Dansatgas.

Menyikapi hal tersebut, Pos Dobo dipimpin oleh Danpos Serka Edy Tri berinisiatif memberikan pelatihan upacara bendera rutin setiap harinya yang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Latihan tersebut anak-anak diajarkan mulai dari tata cara pelaksanaan upacara, pengibaran bendera hingga Peraturan Baris Berbaris (PBB).

"Upacara bendera jangan dianggap sebagai suatu rutinitas biasa namun harus dimaknai sebagai suatu kegiatan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, melatih diri untuk berdisiplin serta menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia, ini penting buat mereka," tambah Dansatgas.

Atas upaya yang dilakukan Satgas, Bapak Wakole selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Mesiang mengaku senang dan bangga serta apresiasi kepada Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang telah peduli dan membantu anak-anak didiknya dalam melatihkan upacara bendera.

"Ini bekal buat anak-anak dan sekolah, mereka akan siap dengan pelatihan ini, kita akan melaksanakan upacara bendera. Terima kasih kepada Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang sudah sabar melatih anak-anak kami ini, sehingga kedepan akan bagus dalam pelaksanaannya," pungkas Wakole.**