Peduli Lingkungan, Satuan TNI-Polri dan Kodim 1710/Mimika Tanam Mangrove

Peduli Lingkungan, Satuan TNI-Polri dan Kodim 1710/Mimika Tanam Mangrove

Kabar Timika - Kodim 1710/Mimika bersama satuan TNI-Polri dan Pemda Mimika melaksanakan penanaman Mangrove guna mencegah abrasi serta lestarikan alam kawasan pesisir pantai Pelabuhan Kp. Pomako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Senin (15/05/23).

Dalam sambutannya Dandim 1710/Mimika mengatakan bahwa Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di air payau dan air laut yang perlu kita lestarikan karena banyak sekali manfaatnya untuk masyarakat, seperti untuk kosmetik, untuk menjaga erosi pantai, untuk ekosistem laut, mencegah pemanasan global dan mengatasi banjir dari kawasan laut.

"Saya mengajak kita semua termasuk masyarakat yang hadir disini mari kita lestarikan kayu Mangrove ini khususnya di wilayah Timika, karena kita juga sudah melihat sendiri di sekitar Poumako Mangrove ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk perumahan warga sekitar," katanya.

Beliau juga menambahkan bahwa pohon Mangrove ini sebagai upaya untuk mencegah abrasi serta kerusakan di sekitar pantai serta menjaga kelestarian lingkungan hidup. "Penanaman ini untuk menjaga ekosistem perairan dan mencegah abrasi laut. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada di wilayah Kabupaten Mimika," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi (Dandim 1710/Mimika), Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla. (Danlanal), Letkol Pnb Slamet Suhartono (Danlanud YKU), Letkol Lek Hadi P. Doly Palangdongan S.E (Dansatrad 243 Timika), Letkol Inf Sriyono S.I.P (Danyon 754/ENK/Kostrad), AKP Matheus T. (Kapolsek Miktim), Bapak Bakri Athoriq, S.STP., (Kadistrik Mimika Timur), Bapak Abdul Sudharmono (Kadis Pertanian Pemkab Mimika) dan Bapak Muhammad Riwani (Kepala Kampung Poumako).[Pen Kodim 1710/Mimika]