PLTS Bantuan Pemerintah Rusak Diperbaiki Satgas Yonif 126/KC

Warga ; Hore, Kegelapan 120 KK di Perbatasan Papua Terang Kembali

Warga ; Hore, Kegelapan 120 KK di Perbatasan Papua Terang Kembali

Yabanda - PLTS yang dibangun pemerintah di wilayah perbatasan Papua pada umumnya dalam kondisi rusak dan sebagian besar tidak dapat beroperasi karena tidak adanya perawatan dan ketidakmampuan masyarakat untuk memperbaiki kerusakan.

Kepala Kampung Yabanda mengucapkan atas nama masyarakat bersyukur dan berterimakasih kepada Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC kembali berhasil memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tidak berfungsi selama lebih setahun di Kampung Yabanda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

“Terima kasih Prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC dengan kerja keras Prajurit ini masyarakat kami di Kampung Banda yang berjumlah 120 Kepala Keluarga dapat menikmati listrik kembali,” katanya Rabu (15/06/22).

"Keseriusan TNI membantu mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah perbatasan Papua sangat kami hargai. Kami tidak bisa memberikan apa-apa, tapi kami bisa membantu dengan doa supaya Prajurit Satgas Yonif 126/KC selalu dilindungi Tuhan dalam melaksanakan tugas dan selalu berhasil," ulasnya.

Katanya, akibat PLTS di Kampung Yabanda, yang rusak dan menyebabkan selama kurang lebih satu tahun warga sejumlah 120 KK di kampung tersebut tidak dapat menikmati listrik dan penerangan.

“Aktivitas masyarakat sangat terganggu, anak-anak kesulitan belajar pada malam hari dan bahkan sebagian masyarakat harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli Genset yang semakin menambah beban kehidupan masyarakat. Selama lampu mati kami bingung harus meminta bantuan ke siapa," ujar Martin Wafner (43).

"Anak-anak sekolah bisa belajar, menonton TV dan ibu-ibu setelah pulang dari kebun bisa masak," katanya.

Keadaan Kampung Banda yang darurat listrik dan permintaan masyarakat, Satgas Yonif 126/KC hadir untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat.

Kemudian Komandan Satgas Yonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han. membentuk Tim yang dipimpin Danton Kom Letda Chb Surya Darmawan beserta 5 orang teknisi yang sudah berpengalaman memperbaiki PLTS Kampung Yabanda.

Tim perbaikan PLTS dengan tekad terbaik, Satgas Yonif 126/KC pun melaksanakan perbaikan dengan memeriksa satu persatu komponen PLTS kemudian memperbaiki yang rusak.  

"Beberapa perangkat pecharger baterai PLTS sudah rusak kemudian kami perbaiki," ujar Praka Rozi dan Sertu Riyan yang merupakan tim dari Pleton Komunikasi Satgas Yonif 126/KC.

Setelah setahun masyarakat Kampung Banda hidup dalam kegelapan, kini masyarakat kembali menikmati listrik di rumahnya setelah PLTS bisa beroperasi kembali.

“Syukur kini masyarakat bersukacita dan bergembira karena rumah-rumah sudah terang dan lampu jalan di kampung dapat bersinar kembali,” pungkasnya.

Usai kampung terang kembali Komandan Satgas Yonif 126/KC berkunjung ke Kampung Yabanda menyerahkan kembali PLTS yang telah diperbaiki ke masyarakat yang diwakili kepala kampung.

Komandan Satgas Yonif 126/KC menyampaikan perbaikan PLTS ini adalah sebagai upaya kami untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan yang merupakan beranda terdepan NKRI.

"Kami juga akan selalu membantu perawatan PLTS ini, karena masyarakat belum ada yang mempunyai kemampuan memperbaiki kalau rusak," ujarnya melalui rilis yang disampaikan Pen Satgas Pamtas Yonif 126/KC.**