TNI Piolri Mengungsikan Sementara Warga Distrik Kiwirok Kelokasi Aman Dari Teror KKB

TNI Piolri Mengungsikan Sementara Warga Distrik Kiwirok Kelokasi Aman Dari Teror KKB

Papua - Dengan gencarnya teror yang dilakukan kelompok teroris kriminal bersenjata (KKB) yang mengancam keselamatan warga membuat Aparat TNI-Polri mengungsikan warga Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua untuk sementara waktu.

Dikabarkan tim TNI-Polri hadir untuk menegakkan hukum sekaligus menjaga hak warga Kiwirok untuk mendapat rasa aman dari pemerintah dan aparat dan tidak ada ruang bagi kekerasan bersenjata di wilayah Papua.

Berdasarkan pesan melalui email redaksi oleh Satgas Humas Nemangkawi, aparat TNI-Polri menyediakan pesawat untuk mengangkut para pengungsi pagi ini. Kegiatan evakuasi dipimpin Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Cahyo Kurnito dan tim Satgas Nemangkawi.

"Setelah situasi kondusif, warga yang dievakuasi dapat menentukan apakah kembali ke Distrik Kiwirok, atau akan bersama kerabat atau keluarga yang ada di Oksibil maupun Jayapura," kata Wakasatgas Humas Nemangkawi, Kompol Rudi Hartono, Sabtu (25/9/21).

Rudi menyampaikan tujuan evakuasi ini agar warga dapat bantuan kesehatan, bahan makanan dan juga trauma healing. Meski demikian, Rudi menegaskan aparat TNI-Polri tetap tinggal di Kiwirok untuk memastikan situasi kondusif.

Personel Satgas Nemangkawi tiba di Distrik Kiwirok pukul 08.45 WIT, usai terbang dari Bandara Oksibil menggunakan pesawat Smart Aviation. Proses evakuasi dibagi menjadi dua kloter.

"Kloter pertama terdiri dari 11 warga, 3 anak-anak (2 di antaranya balita) dan 8 warga dewasa. Kloter kedua terdiri dari 6 warga laki-laki," papar Rudi.**