Pembagian Jatah Natal PT Freeport Di Timika Dikawal Pasukan Gabungan

Pembagian Jatah Natal PT Freeport Di Timika Dikawal Pasukan Gabungan

Timika - Sebanyak 200 personel pasukan gabungan TNI-Polri bersiaga mengawal pencairan dana Natal untuk suku Kamoro di Timika, Mimika, Papua.

Untuk mengantisipasi agar situasi tetap kondusif, polisi melakukan rekayasa lalu lintas satu arah di Jalan Budi Utomo Timika. Tampak sejumlah anggota TNI-Polri berjaga di sepanjang Jalan Budi Utomo dan di depan Bank BRI.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan pengawalan dilakukan agar tidak terjadi keributan seperti pada Rabu (16/12/20) sebelumnya.

Katnya, hari ini pasukan gabungan kawal agar berjalan aman. maslah teknis katanya nanti penyalurannya juga akan dikawal.

"Perlu diketahui bahwa pencairan dana ini bukan dana Natal Ini memang untuk masyarakat Kamoro yang terkena langsung dampak limbah, yang memang cairnya bulan Desember," katanya, Kamis (17/12/20). Hal itu dijelaskan Gusti sekaligus meluruskan soal istilah dana Natal yang kerap dipakai untuk menyebut dana yang diberikan PT Freeport ini.

Pencairan ini dilakukan lanjutnya, sebagai tindak lanjut mediasi antara Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) dengan warga di Polres Mimika kemarin.

Pengawalan dilakukan untuk mencegah terjadinya penyerangan seperti pada Rabu (16/12).**