Dua Hari Terjebak Sibelang Inhil Belum Bisa Dievakuasi

Dua Hari Terjebak Sibelang Inhil Belum Bisa Dievakuasi

Kabar Lingkungan - Harimau Sumatera yang diduga kelaparan mencari makan masuk kota masih terjebak di kolong ruko di Pasar Pulau Burung, Indragiri Hilir (Inhil), Riau karena payahnya evakuasi untuk sementara sibelang yang sudah dua hari terjebak ini diberi makan daging ayam.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono membenarkan kalau Harimau tersebut belum bisa kita evakuasi dari kolong ruko. Namun saat beriakan makan disebut bukan hal yang mudah. Sebab, petugas harus mencari lokasi harimau bersembunyi di kolong ruko.

"Untuk tidak kelaparan dan tetap tenang, kita berikan makan daging ayam mentah. Kolong ruko itu tingginya hanya 70 cm saja dan gelap serta banyak tiang penyangga. Jadi sulit mencari keberadaannya," katanya, Jumat (16/11/18).

Setelah lokasi harimau diketahui, tim mengebor lantai ruko dengan diameter sebesar pipa paralon.

"Setelah lantai kita lubangi, dari atas kita masukan daging ayam itu tepat di depan harimau yang lagi duduk. Lumayan bagus respons harimaunya, dia mau menyantap daging yang kita berikan," kata Haryono.

Harimau ini sebelumnya ditembak bius tim medis BBKSDA Riau, kondisi kolong yang gelap dan sulit menentukan lokasi harimau maka dengan sendirinya sangat sulit dievakuasi.**