Memudahkan Pengawasan Kementerian ESDM Ciptakan Aplikasi MOMS

Memudahkan Pengawasan Kementerian ESDM  Ciptakan Aplikasi MOMS

Kabar Pemerintahan - Untuk memudahkan pengendalian dan pengawasan pada produksi dan penjualan sektor minerba, Kementerian ESDM meluncurkan aplikasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP Minerba, di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Jumat (2/11/18).

MOMS merupakan aplikasi pengelolaan data real time untuk produksi dan penjualan sektor mineral batu bara (minerba). Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, sistem ini diharapkan memudahkan dalam urusan bisnis sektor minerba.

Arcandra mengatakan, dalam kegiatan usaha lebih baik tatap muka dikurangi. Sebab, tatap muka banyak menggunakan waktu dan tidak efisien.

"Silaturahmi memakan waktu berapa, kadang-kadang pesan kopi berapa, dan makan-makan, kalau dikumpulkan besar juga," terangnya.

Adanya MOMS dan e-PNBP Minerba sendiri adalah merupakan aplikasi online berbasis web untuk penghitungan dan pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) minerba.

Layanan ini terintegrasi layanan Simponi pada Kementerian Keuangan, di mana pembayaran PNBP dapat dibayarkan melalui aplikasi ini.

"Ini ultimate goal kita, wish kita, semoga bisa mencapai target, komunikasi cukup lewat data, suatu saat nanti, ultimate goal nggak perlu sering-sering silaturahmi untuk urus, cukup diurus lewat aplikasi," katanya.**