Diduga Buang -Buang Anggaran, Camat Dan Penghulu DiRohil Ramai-Ramai Kunker Ke Bandung Jelang Akhir Tahun

Diduga Buang -Buang Anggaran, Camat Dan Penghulu DiRohil Ramai-Ramai Kunker Ke Bandung Jelang Akhir Tahun

Pekanbaru - Jelang akhir tahun 2023, Para Camat, Penghulu Dan Datin Penghulu Se - Kabupaten Rokan Hilir melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bandung dalam rangka penguatan pemerintah desa / kepenghuluan untuk mensukseskan prioritas program nasional.

Beredar viral kunker tersebut diakun Facebook dan distatus whatsAp pribadi para penghulu pada 10 Desember 2023 tampak Para Penghulu Dan Datin Penghulu Se - Kabupaten Rokan Hilir membawa pasangannya dengan kompak berpakaian seragam serbah baju kuning-kuning saat dibandara Pekanbaru dan saat tampak memasuki hotel mewah disalah satu Kota Bandung "Grand Aquila Hotel Bandung" . 

Menurut kabarnya, Kunker Para Camat, Penghulu Dan Datin Penghulu Se - Kabupaten Rokan Hilir kekota bandung diduga menghabiskan biaya jutaan rupiah per desanya. Kunker dilakukan setelah Surat Bupati Rokan Hilir Nomor :410/DPMD/2023/432 tanggal 14 November 2023 perihal Kunjungan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir mendapat balasan surat penerimaan dari Bupati Bandung tertanggal 23 November 2023.

Hal ini sontak ditanggapi DPN Lembaga Independen Pembawa Suara Transparansi ( INPEST ). Dalam tangapan yang disampaikan Ir Ganda Mora selaku Ketua DPN INPEST sangat menyayangkan adanya kunker kekota Bandung yang terkesan menghamburkan APBD Rohil dimasa mendekati akhir tahun.

Sebab kita menduga, di tengah -tengah kesulitan ekonomi dan rawannya kebanjiran khususnya di Kabupaten Rokan Hilir, mala justru Orang Nomor Satu Rohil, Camat dan Penghulu lebih memperioritaskan kunjungan kerja dibandingkan menuntaskan sejumlah persoalan yang ada saat ini. 

Kita sangat menyayangkan hal itu. Dalam pantauan di Tahun 2023, Kunker Para Penghulu Se-Rohil bukan baru kali ini saja, sebelumnya lebih dari dua bulan yang lalu 11 September 2023 Para Penghulu Se -Rohil adakan Bimtek Studi Tiru Kekota Kediri, namun hasil apa yang didapatkan dari sana (Kediri) dan Studi Tiru sudah diterapkan belum kemasyarakat ?

Dikala Masyarakat Rokan Hilir dilanda banjir dan rawan terkena penyakit malaria disejumlah wilayah, para penghulu dan kepala daerah justru kunker ke Provinsi Jawa Barat, kalau penguatan pemerintahan desa kenapa harus di bandung, di Pekanbaru lebih dekat justru timbul kecurigaan bahwa ada dugaan agenda nuasa politik di bungkus dengan penguatan pemerintah desa. 

" Kita bukan menuduh, tapi dugaan sementara, jangan kunker kebandung sebagai agenda nuansa politik, karena masa -masa ini sudah masuk agenda pemilihan caleg." Jelasnya Ir Ganda Mora kepada awak media, Kamis 14 Desember 2023.

Lebih lanjut Ganda Mora sampaikan. terkait masalah pendanaan kunker, info yang beredar dan dugaan sementara, per penghulu  mengeluarkan anggaran jutaan rupiah. Apakah dana yang dikeluarkan tersebut diambil dari dana desa atau anggaran dari Dinas PMD Kabupaten Rokan Hilir. Karena  bukti transferan kita dapati. Pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohil Yandra dikonfirmasi Awak Media, Kamis 14 Desember 2023. terkait kunker Para Camat, Penghulu Dan Datin Penghulu Se - Kabupaten Rokan Hilir ke Kota Bandung jelang akhir tahun belum ada menanggapi atas pertanyaan awak media mala lebih milih mematikan nomor WhatsApp Pribadinya.