Miris ...SD Tertua Disedinginan Kurang Perhatian ! Ruang Kelas Masih Dinding Papan

Miris ...SD Tertua Disedinginan Kurang Perhatian ! Ruang Kelas Masih Dinding Papan

Ket. Poto Sekolah SD001 Sedinginan

Rohil -- Sarana dan prasarana Pendidikan menjadi salah satu penunjang utama dalam sebuah proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Namun ada prasarana disalah satu sekolah dasar di Sedinginan Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir menyita perhatian publik.

Salah satunya kondisi gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 001 Sedinginan  Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau ini cukup sangat memprihatinkan dan tampak seperti kurang ada perhatian pemerintah setempat, padahal SD 001 Sedinginan merupakan sekolah tertua yang ada di Kecamatan Tanah Putih.

Hasil investigasi dilokasi, Kamis 16 Nopember 2023 saat awak media melihat kondisi bangunan SD 001 Sedinginan ini tampak terlihat seperti dinding sekolah masih ada terbuat dari papan dengan batu sepotong sebanyak 3 ruang kelas, kemudian 2 ruang kelas permanen dengan kondisi plafon sudah banyak yang rusak dan lantai ruangan kelas penuh lubang. Sementara 3 gedung baru digunakan untuk Ruang Guru, perpustakaan dan Ruang Kelas 6.

Meski demikian siswa-siswi sekolah SD tersebut masih tampak terlihat semangat dan antusias belajar dalam menimba ilmu walaupun dengan kondisi sarana dan prasarana yang kurang layak dan mirisnya lagi sarana MCK kurang memadai sehingga siswa-siswi buang air besar harus kesungai yang berjarak hampir 50 meter depan sekolah tersebut sehingga kondisi ini sangat lah membahayakan bagi anak didik sekolah.

Hal ini disebutkan Warga Sedinginan disekitaran depan sekolah, IH (42) menjelaskan keawak media, melihat kondisi sekolah SD 001 Sedinginan saat ini sangat prihatin ditambah lagi siswa-siswi semakin berkurang dikarenakan bangunan MCK kurang memadai sehingga wali murid takut anak-anaknya jatuh kesungai.

"Siswa-siswi buang air besar harus kesungai sebab MCK kurang memadai dan Airpun sering tidak ada,makanya dengan kondisi inilah siswa-siswi  untuk sekolah disini kurang minat, takut anak-anaknya jatuh kesungai." Jelasnya warga kepada awak media.

Padahal, Sekolah SD ini sekolah tertua dan salah satu Mantan Gubernur Riau Bapak Saleh Jasid dan beberapa orang hebat lainnya pernah menimba ilmu dan tamat dari sekolah ini, namun melihat kondisi gedung sekolah saat ini terkesan seperti tidak pernah mendapat bantuan dana untuk perawatan atau pembangunan sarana prasarana dari pemerintah setempat.

Ia berharap kepada pemerintah daerah, pemerintah provinsi serta pemerintah pusat untuk memperhatikan persoalan infrastruktur sarana dan prasarana Sekolah Dasar 001 Sedinginan. Jangan dibiarkan lah, harus diperhatikan. Pungkasnya.

Terpisah saat dihubungi Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Tanah Putih Jon Hendri melalui WhatsApp Pribadi nya Kamis 16 November 2023 saat ditanyakan ruang belajar SDN 001 Sedinginan sangat memperhatikan dalam jawabannya Saya masih cuti pak.Jawabnya Korwil Tanah Putih.