Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Dosen Politeknik Negeri Medan Di Desa Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu Kab. Sergai

Tim Dosen Politeknik Negeri Medan Gelar Budidaya Ikan Patin Sebagai Alternatif Pendapatan Bagi Kelompok Bersama Ibu- Ibu Rumah Tangga Desa Liberia, Sergai

Tim Dosen Politeknik Negeri Medan Gelar  Budidaya Ikan Patin Sebagai Alternatif Pendapatan Bagi Kelompok Bersama Ibu- Ibu Rumah Tangga Desa Liberia, Sergai

Photo : Pelatihan budidaya ikan patin dengan kerjasama antara ibu-ibu rumah tangga desa Liberia dengan tim PKM Polmed

Kabar Sergai - Budidaya Ikan patin sebagai alternatif pendapatan bagi kelompok Bersama ibu-ibu rumah tangga desa Liberia kecamatan Teluk mengkudu kab. Sergai

Medan - Tim dosen Politeknik Negeri Medan melakukan kegiatan pengabdian kemitraan Masyarakat (PKM) di desa Liberia kecamatan Teluk mengkudu kabupaten Sergai pada tanggal 30 September 2023 yang lalu.


Kegiatan pengabdian masyakat kali ini diberikan untuk memberdayakan kaum ibu-ibu rumah tangga yang ada di daerah tersebut agar dapat menambah penghasilan dan memiliki ketrampilan berwirausaha budidaya ikan patin di sekitar desa tersebut.

Pada kegiatan kali ini ada 15 perempuan yang diberikan pelatihan budidaya ikan patin. Pelatihan ini diberikan dengan kerjasama antara ibu-ibu rumah tangga desa Liberia dengan tim PKM Polmed yang terdiri dari Irwan Musriza Harahap S.E, M.Si dari dosen Administrasi Bisnis sebagai ketua pelaksana didampingi Edi Putra Berutu S.E., M.Si,,  Aulia Benazira Ginting, M. Par. dan Agus Rangkuti S.E., M.Si sebagai anggota.

Kegiatan ini berawal dari survei yang dilakukan tim dosen saat mendatangi desa Liberia dan melalui wawancara diketahui Masyarakat kesulitan untuk mengembangkan usaha karena terkendala modal dan peralatan untuk kegiatan wirausaha. 

Melalui kegiatan pengabdian Masyarakat oleh dosen yang didanai DIPA Politeknik Negeri Medan tahun 2023, maka tim PKM memberikan sebidang kolam ikan patin dan bibit ikan patin untuk dikembangkan Masyarakat melalui ibu-ibu rumah tangga desa Liberia.

Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan di kediaman ketua kelompok Bersama ibu-ibu rumah tangga di desa Liberia kecamatan Teluk mengkudu kabupaten Sergai.

Setelah pelaksanaan kegiatan PKM ibu Siti Masitah selaku ketua kelompok ibu-ibu rumah tangga menyampaikan kepada Tim PKM bahwa ia sangat berterima kasih atas kepedulian dosen Polmed untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga.

Kepedulian terhadap kaum Perempuan yang tidak memiliki pekerjaan sehingga kini setelah memperoleh pelatihan budidaya ikan patin mereka telah terampil. Kini mereka telah memiliki peluang untuk memperoleh penghasilan.

Irwan Musriza Harahap selaku ketua Tim PKM menyampaikan agar kiranya bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha bagi ibu-ibu sekalian. Di masa mendatang, kami dosen Polmed akan senantiasa terus berkontribusi membangun Masyarakat Sumatera Utara menjadi semakin mandiri melalui berbagai segi keilmuan yang dimiliki.**