Pemberantasan Narkoba "Ecek - Ecek", Anggota DPRD Sumut H. Zainuddin Purba Kembali Demo Mapoldasu Dan BNNP Sumut

Pemberantasan Narkoba "Ecek - Ecek", Anggota DPRD Sumut H. Zainuddin Purba Kembali Demo Mapoldasu Dan BNNP Sumut

Photo : Anggota DPRD Sumut Demo Mapolda Sumut

Kabar Medan - Anggota DPRD Sumut H Zainuddin Purba kembali menggelar aksi demo tunggal di dua lokasi, yakni di luar Markas Polisi Daerah (Mapolda) Sumut, Jl SM Raja Medan, dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara, Senin (16/10/2023).

Di dua lokasi ini, Zainuddin menyuarakan kekecewaan dan kegeramannya, terkait makin maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di daerah ini.

Di Mapoldasu, anggota dewan Dapil XII Binjai Langkat ini mengaku kecewa dan geram ketika berorasi dekat kendaraan sound system di depan pintu masuk.

“Kalau gak karena keresahan masyarakat, saya gak akan ke sini melaporkan bebasnya penggunaan narkoba di Binjai dan Langkat. Karenanya, ini pertama kali saya berunjukrasa semasa di bawah Kapoldasu yang baru, Irjen Agung Setya Imam Effendi,” ujarnya.

Kepada Kapoldasu, Zainuddin memberi tempo sebulan agar segera memberantas penyalahgunaan narkoba.”Jika masih begitu- begitu juga, saya akan berdemo di depan Istana Negara, untuk menyuarakan narkoba ini,” tegasnya.

Hingga kini, sebut wakil rakyat yang akrab disapa Bapak Uda, penyalahgunaan dan peredaran narkoba semakin bebas dan marak di daerah ini tanpa ada tindakan hukum.

Menurutnya, hal ini terjadi karena aparat penegak hukum, termasuk Pangdam I/BB dan Kapoldasu dan jajarannya serta Badan Narkòtika Provinsi (BNNP) tidak serius menuntaskan pemberantasan penyalahgunaan barang haram tersebut.

Padahal, lanjut Zainuddin, Presiden Joko Widodo sudah memberikan arahan kepada Panglima TNI, Kapolri, BNN dan jajaran dalam rapat terbatas terkait pemberantasan dan penanganan kasus narkotika di Istana Merdeka, Jakarta 11 September 2023 lalu.

“Saya di sini Mapoldasu menyuarakan sejauhmana keseriusan Poldasu dan jajarannya j Polrestabes terkait penanganan narkoba,” tegas Zainuddin, dalam orasi yang dijaga belasan personel kepolisian.

Aksi ini berlangsung tertib dan petugas tampak mengatur arus lalu lintas yang melintasi jalan di seputaran Mapoldasu.

Lebih lanjut Zainuddin menyebutkan, hingga ini pihaknya menyaksikan sendiri peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Sumut, khususnya di Binjai dan Langkat, masih terus berlangsung aman.

Dijelaskan, salah satu lokalisasi transaksi narkoba yang masih berjalan dengan aman adalah lokalisasi di Desa Tanjung Pamah, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang, yang merupakan wilayah hukum Polrestabes Medan. Meski sudah berulangkali digerebek, praktik jual beli narkoba jenis sabu sabu, lengkap dengan alat hisap boong berlangsung aman.

Dengan kondisi yang memprihatinkan itu, tampaknya sulit bagi Sumut turun sebagai provinsi dengan peringkat 1 pengguna narkoba terbanyak di Indonesia.

Dalam aksi serupa di depan kantor BNNP Sumut, Zainuddin berharap Kepala BNNP serius memberantas narkoba.**