Bupati Inhu Buka Program Padat Karya Bandara Japura Rengat

Bupati Inhu Buka Program Padat Karya Bandara Japura Rengat

Kabar Inhu - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan, Jawalter Situmorang membuka program padat karya Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Japura Rengat tahap II tahun 2023.

Pembukaan dilaksanakan di lapangan Bandara Japura, Sabtu, 16 September 2023.

Kegiatan padat karya tahap II pada tahun 2023 ini berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 16 hingga 18 September 2023 dengan melibatkan 320 peserta yang berasal dari dua kelurahan dan tiga desa di sekitar bandara.

Adapun kelurahan dan desa yang dilibatkan yakni Kelurahan Tanah Merah Kecamatan Pasir Penyu, Kelurahan Sekar Mawar Kecamatan Pasir Penyu, Desa Sidomulyo Kecamatan Lirik, Desa Pasir Ringgit Kecamatan Lirik dan Desa Japura Kecamatan Lirik.

Mewakili Bupati Inhu, Jawalter menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada bandara Japura yang telah memberdayakan masyarakat melalui program padat karya ini.

"Ini sangat bermanfaat sekali, kita bisa lihat masyarakat bisa bekerja dan mendapat penghasilan untuk menopang perekonomian mereka. Semoga program ini dapat berkelanjutan," katanya.

Pada kesempatan itu, Jawalter juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung rencana dibukanya kembali penerbangan dari dan ke bandara Japura pada Januari 2024. 

Karenanya, Ia berharap kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga dan mendukung aset bandara ini supaya tetap aman dan kondusif sehingga dapat menikmati seluruh aktivitas yang ada di Bandara Japura ini.

Dalam pada itu, Kepala Kantor UPBU Japura Rengat, Yoga Komala menjelaskan program padat karya tahap II ini dipusatkan di area sisi udara yakni membersihkan saluran-saluran dan pemotongan pohon-pohon di lingkungan bandara.

Menurut Yoga, kegiatan ini penting untuk pemberdayaan masyarakat di sekitar bandara sehingga diharapkan dapat membangun pola hidup produktif bagi masyarakat dan menciptakan kondisi lingkungan yang lebih bersih nyaman khususnya di lingkungan sekitarnya Bandara Japura sebagai salah satu pintu gerbang ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Semoga kegiatan berjalan lancar dan membawa manfaat bagi semua," katanya.

Yoga juga meminta dukungan pemerintah daerah agar program padat karya dapat berkelanjutan dengan alokasi anggaran yang lebih besar lagi.

Pada acara tersebut juga dilakukan penanaman pohon oleh Bupati Inhu dan Kepala Kantor UPBU Kelas III Japura Rengat.

Turut hadir, perwakilan Polres Inhu, Kepala BMKG, Perum LPPNPI Airnav Cabang Pembantu Rengat, Kapolsek Lirik, Camat Lirik, Camat Pasir Penyu, Kades Sudomulyo