SPS dan PWI Riau Bersama Dispar Riau Kolaborasi Promosikan Kuliner Riau

SPS dan PWI Riau Bersama Dispar Riau Kolaborasi Promosikan Kuliner Riau

Kabar Wisata - Festival Jajanan Sumatera 2019 bertajuk "Menjemput Ramadan Bersama Riau Halal Park" yang digelar Dinas Pariwisata Riau di Jalan Sumatera Pekanbaru pada Sabtu dan Ahad (27-28/4/19) kemaren.

Hal ini mendapat dukungan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau. Dimana Banyak dan berbagai cara untuk melakukan promosi di bidang pariwisata, salah satunya yang dilakukan Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang, yang juga Ketua SPS Riau.

Ia mengajak 100 orang wartawan anggota PWI serta pengurus SPS Riau mempromosikan kudapan khas Riau, dengan cara meliput kegiatan Festival Jajanan Sumatra yang ditaja oleh Dispar Riau.

"Silakan wartawan anggota PWI Riau bersama keluarga, serta pengurus SPS Riau berbelanja di Festival Jajanan Sumatera. Santap menu-menu asli Riau yang kalian sukai, nanti PWI Riau dan SPS Riau yang akan membayarnya," kata Zulmansyah. 

Misalnya, ada wartawan mencoba makanan "Mie Sagu" atau "Bolu Kemojo" dan mencoba minuman "Laksamane Mengamuk" atau "Air Mata Pengantin". Maka wartawan tersebut wajib menuliskan siapa penjualnya, apa nama UKM-nya, bagaimana rasa makanan dan minumannya, bagaimana tampilannya, apakah makanan atau minumannya rekomended atau tidak, dan sebagainya.

Tapi, kata Zulmansyah, ada syarat dan ketentuannya. Menu-menu yang dibeli dan disantap di Festival Jajanan Sumatera itu wajib ditulis di media masing-masing. Tulisan boleh ditayangkan pada Sabtu atau selambat-lambatnya harus diterbitkan pada Minggu (28/4/19).

"Hanya berlaku untuk 100 wartawan saja. Masing-masing akan mendapatkan uang dari PWI dan SPS senilai belanja di Festival Jajanan Sumatera, berdasarkan bukti kwitansi atau struk belanja. Maksimalnya Rp100 ribu dan klaimnya ke Bendahara PWI Riau atau Bendahara SPS Riau,'' paparnya.

Dua tulisan wartawan terbaik tentang kuliner di Festival Jajanan Sumatera 2019, masing-masing akan mendapatkan Bingkisan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri dari PWI yang akan diserahkan pada saat Berbuka Puasa Bersama PWI Riau," ungkap Zulmansyah.

Ditanya apa tujuan PWI Riau dan SPS Riau membuat hajat ini, Zulmansyah menegaskan agar wartawan Riau mengetahui lebih banyak lagi tentang kuliner khas daerah yang unik-unik dan enak-enak, sekaligus agar kegiatan Festival Jajanan Sumatera ini viral di masyarakat Riau juga di masyarakat internasional.

Festival Jajanan Sumatra 2019 bertajuk "Menjemput Ramadan Bersama Riau Halal Park" lokasinya di jalan Sumatra Pekanbaru, pada Sabtu dan Minggu (27-28/4/2019). Pada iven ini berbagai kegiatan juga digelar, diantaranya pameran fotografi, demo masakan khas daerah, penampilan nasyid dan tarian daerah, sajian musik akusitik dan peluncuran kartu GenPI Riau.

Dari pantauan tim liputan, Sabtu (27/4/2019) ratusan pengunjung tampak memadati Jajanan Sumatra Festival 2019. Tampak hadir pada sore itu Gubernur Riau, Syamsuar yang tiba bersama istri, Hj Misnarni.

Apresiasi Gubernur Riau dan istri tak hanya ditunjukkan dengan kedatangannya langsung di iven ini. Lebih dari itu, istri orang nomor satu di Provinsi Riau, Hj Misnarni juga melibatkan diri dengan turun langsung memasak masakan khas Melayu Riau yakni asam pedas ikan Senangin.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmi Usman mengaku bangga dengan hadirnya Gubernur Riau berserta istri. "Beliau (Gubernur Riau, red) sangat mendukung, ini bagus dan terus ditingkatkan Riau sebagai tujuan wisata halal domestik," tandasnya.*ADV/Rmi