Latihan Super Garuda Shield, TNI Kendalikan Arus Logistik dan Alutsista Tamu Mancanegara

Latihan Super Garuda Shield, TNI Kendalikan Arus Logistik dan Alutsista Tamu Mancanegara

Kabar Banyuwangi - MV Cape Henry merupakan kapal kargo milik Departemen Transportasi Amerika Administrasi Maritim Amerika Serikat. Seluruh kegiatan diamankan oleh Force Protection dari TNI yang secara profesional, responsif namun tetap humanis menerima kedatangan dan tamu peserta latihan negara lain.

Kapal ini datang ke Indonesia  mengangkut logistik Angkatan Darat Amerika  yang akan mengikuti latihan gabungan bersama bertajuk  Super Garuda Shield (SGS) tahun 2023 dan melaksanakan debarkasi di Dermaga Tanjung Wangi, Banyuwangi Jawa Timur, Kamis (24/8/23). 

Kapal yang memiliki kecepatan 17,4 knot ini membawa berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) canggih dan terkini yang akan digunakan dalam latihan Super Garuda Shield 2023. 

Berbagai jenis Alutsista baik Ranpur (Kendaraan Tempur) maupun Rantis (Kendaraan Taktis) akan unjuk kebolehan dalam event yang baru dua kali digelar ini.

Adapun Alutsista yang diangkut dengan menggunakan kapal kargo Cape Henry ini diantaranya Helikopter Black Hawk, Helicopter Loongbow Apache, Launcher  Roket HIMARS, Truck Utility Heavy Humvee  dan beberapa kendaraan pengangkut logistik dan medis.

Setelah  debarkasi dari kapal, beberapa Alutsista dan logistik lainnya diangkut menggunakan  trailer melaksanakan konvoi bergerak menuju daerah latihan di Asembagus, Situbondo dengan pengawalan dari Pomdam V Brawijaya.**