Camat Medan Tuntungan Dukung Semua Pihak Sukseskan Pencapaian Target Terbentuknya Kampung Iklim Di Komplek Puri Zahara 2

Camat Medan Tuntungan Dukung Semua Pihak Sukseskan Pencapaian Target Terbentuknya Kampung Iklim Di Komplek Puri Zahara 2

Photo : Hendra Arjudanto S,S.IP.,M.Si Camat Medan tuntungan saat memberikan kata sambutan pada kegiatan Program Kampung Iklim KemenLHK RI di Komplek Puri Zahara 2 Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan.

Kabar Medan - Hendra Arjudanto S,S.IP.,M.Si Camat Medan tuntungan mendukung Program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan Republik Indonesia (KLHK RI) Ajak Semua Pihak Sukseskan Pencapaian Target Terbentuknya 20.000 Kampung Iklim

”ProKlim merupakan bentuk aksi nyata untuk mewujudkan ketahanan iklim dan gaya hidup rendah emisi gas rumah kaca di tingkat tapak, melalui pelaksanaan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim,” ungkapnya saat memberikan kata sambutan pada kegiatan Program Kampung Iklim KemenLHK RI di Komplek Puri Zahara 2 Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (22/8/2023)

Ia menjelaskan jika pelibatan masyarakat di tingkat tapak, baik di level kelurahan maupun lingkungan menjadi salah satu kunci keberhasilan pengendalian perubahan iklim. 

“Emisi karbon sebagai penyebab perubahan iklim tidak bisa lepas dari kegiatan antropogenik, dan dari sisi dampak masyarakatlah yang langsung merasakan berbagai dampak akibat terjadinya perubahan iklim tersebut, sehingga masyarakat perlu diperankan sebagai aktor sebenarnya dalam upaya pengendalian iklim,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan jika upaya efisiensi penggunaan energi, pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga, limbah peternakan dan pertanian, pengelolaan hutan berkelanjutan menjadi dasar upaya mitigasi perubahan iklim. Selain itu efisiensi penggunaan air, konservasi tanah dan air, peningkatan ketahanan pangan, upaya penanggulangan bencana seperti banjir dan longsor, pola pertanian berkelanjutan, perlindungan terhadap penyakit akan menjadi kunci keberhasilan adaptasi perubahan iklim.

Kegiatan atau praktik baik terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim tersebutlah yang ia sebutkan sedang terus didorong oleh Pemerintah melalui KLHK untuk dikembangkan di tingkat tapak melalui ProKlim untuk membangun ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK berbasis masyarakat. 

“Program Kampung Iklim/ProKlim merupakan salah satu bentuk nyata kontribusi masyarakat di tingkat tapak dalam pencapaian target NDC Indonesia,” imbuhnya.

Program Kampung Iklim atau ProKlim telah berjalan selama satu dekade sejak dicanangkan pada Tahun 2012. Hingga tahun 2021 telah terdaftar sebanyak 3.270 lokasi Kampung Iklim di seluruh Indonesia dan ditargetkan akan ada 20.000 kampung iklim pada tahun 2024 mendatang.

Perlu di ketahui, ProKlim merupakan salah satu bagian dari upaya mewujudkan komitmen Indonesia mengendalikan perubahan iklim seperti yang telah disampaikan dalam Dokumen Updated NDC (UNDC). Melalui dokumen tersebut pemerintah telah menetapkan strategi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim untuk menurunkan risiko perubahan iklim pada semua sektor pembangunan di Tahun 2030. Dalam dokumen tersebut, lndonesia telah menetapkan tiga target ketahanan yakni ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan sumber penghidupan, serta ketahanan ekosistem dan lanskap.

Tampak Hadir dalam Program Kampung Iklim KemenLHK RI di Komplek Puri Zahara 2 Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Medan, dr Suryadi Panjaitan, Lurah Simpang Selayang Lisa Primanovita Purba SH, Amy Patimura Direktur Bank Sampah Puri Zahara 2, DLH Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan KemenLHK RI, Perwakilan STM Komplek Puri Zahara 2.**