Perayaan HUT RI Ke-78 Tahun Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas II B Rengat Dapat Remisi

 Perayaan HUT RI Ke-78 Tahun Ratusan Warga Binaan Rutan Kelas II B Rengat Dapat Remisi

Eklusif kabarriau.com

Kabar Inhu— Sebanyak 760 orang narapidana (Napi) dan anak binaan yang sedang menjalani masa hukuman di rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Rengat, 559 orang diantaranya diberi diskon masa penahanan (remisi umum) dari sebulan hingga enam bulan.

Pengurangan masa pidana tahun 2023 kepada ratusan Napi diserahkan langsung Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi didampingi kepala Rutan Julius Barus, Kamis (17/8/23) di Pematangreba.

Sedangkan pemberian Remisi umum karena HUT RI ke 78 dikemas dalam upacara yang dihadiri Forkopimda dan bertidak sebagai pemimpin upacara, KPR Rengat Badai dan Irup, Bupati Rezita.

Membacakan amanah Menkumham RI Yasona Laoly, Bupati Inhu Rezita mengatakan jumlah Napi yang beruntung dapat diskon masa hukuman tahun 2023 se Indonesia mencapai 175.510 orang.

Menkumham menjelaskan bahwa pemberian remisi umum dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bentuk apresiasi, negara memberikan remisi kepada narapidana yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan.

Bahkan kepada Warga Binaan yang menerima remisi Yasonna berpesan untuk menjadikan momentum sebagai sebuah motivasi untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku, dan mengikuti program pembinaan dengan giat dan bersungguh-sungguh. Menurutnya, program pembinaan yang sedang dijalankan saat ini merupakan sebuah sarana untuk mendekatkan Warga Binaan kepada kehidupan masyarakat.

“Ke depannya, diharapkan aturan hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat dapat terinternalisasi dalam diri Saudara dan menjadi bekal mental dan spiritual dan sosial saat kembali ke masyarakat di kemudian hari,” tuturnya.

Usai upacara penyerahan Remisi Umum, Bupati Inhu, Forkopimda dan rombongan menyempatkan diri tinjau sekaligus peresmian’rumah KAWAN Kreatif’ dan kolam ikan binaan Rutan Rengat. (Pahala Sihombing ).