PSU di Enam TPS di Kota Semarang Sepi Pemilih

PSU di Enam TPS di Kota Semarang Sepi Pemilih

Kabar Pemilu - Pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar di enam TPS di Kota Semarang, Sabtu (27/4/19) sepi dibandingkan 17 April 2019 lalu tingkat partisipasi masyarakat menurun dengan berbagai alasan.

Kota Semarang menggelar PSU di 6 TPS di antaranya TPS 11 Kelurahan Bendan Ngisor, Kecamatan Gajahmungkur, TPS 7 Kelurahan Kedungmundu, TPS 50 Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, TPS 38 Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, dan TPS 75 Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, dan TPS 20 Kelurahan Sampangan.

Dari pantauan wartawan ke TPS antusias warga tidak terlihat sebanyak ketika pencoblosan pertama kali. Komisioner KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini, mengaku tingkat antusias warga kurang dikarenakan sudah ada beberapa ada yang kembali ke tempat asal masing-masing.

"Pengulangan itu dilakukan akibat kesalahan yang sama yaitu pemilih yang hanya bermodal e-KTP mencoblos bukan di daerah sesuai e-KTP. Sampai saat ini saja sedikit, satu TPS 7 di Kelurahan Kedungmundu saja, jumlah pemilih tidak sesuai jumlah DPT 247," katanya, Sabtu (27/4/19).

Dikatkannya, kalau coblosan pertama itu hari libur maka pasrtisipasi warga menigkat, jadi satu kewajiban warga untuk mendatangi TPS.

"Ini hari sabtu, ada informasi sudah kembali ke tempat tinggal masing-masing, seperti contoh warga ada ber-KTP di sini tapi rumahnya tidak di sini," tuturnya.**