Musim Mas Disorot

Sejumlah Lahan Sawit Minta Diukur Ulang

Sejumlah Lahan Sawit Minta Diukur Ulang

Kabar Lingkungan - Aktivis Lingkungkungan Risu, Ir Ganda Mora minta seluruh lahan sawit di Riau diukur ulang.

Hal itu perlu dilakukan oleh pihak terkait karena diduga melebihi izin yang diberikan oleh pemerintah.

Ganda Mora menyampaikan semua harus diukur ulang, seperti PT Musim Mas (MM) di Pelalawan, Riau dan perusahaan besar seperti PT Perkebunan Nusantara V. dan PT Indosawit Subur.

Dikatakan Ganda lagi, selama ini diduga banyak perusahaan perkebunan sawit di Riau banyak kelebihan lahan dari izin yang sebenarnya telah dikeluarkan oleh pemerintah. "Jika nanti ditemukan tidak sesuai dengan izin luas lahan, kita sarankan agar lahan itu dibagikan ke masayarakat sekitar perusahaan".

"Selain itu kita minta Kementerian LHK juga ukur ulang lahan PT Indosawit Subur di Pelalawan juga minta diukur kembali, karena kebun sawit perusahaan itu keduanya terindikasi berlebih," tambah Ganda, Rabu (24/4/19).

Saat ini, menurut Gandi lagi, diduga tidak sedikit perusahaan sawit di Pelalawan banyak yang mengalihfungsikan lahan. Seperti menanam dipinggiran sungai, bahkan ada yang menutup anak sungai.

"Daerah Aliran Sungai (DAS) itu tidak boleh ditanami ini perusahan itu terindikasi menanam pinggir sungai, sebab itu melanggra UU lingkungan hidup," katanya

Dikonfrimasi beberpa waktu lalu Humas PT Musim Mas Ibrahim, menjawab ini.**jo