Bupati Inhu Pastikan Hewan Kurban Sudah Melalui Pemeriksaan Kesehatan.

Bupati Inhu Pastikan Hewan Kurban Sudah Melalui Pemeriksaan Kesehatan.

Fhoto pahala sihombing

Kabar Inhu - Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE. bersama Forkopimda Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) Riau , meninjau penyembelihan hewan kurban di lapangan panjat tebing komplek Kantor bupati Inhu Pematang Reba Jumat (29/6/2023).

Rezita memantau langsung penyembelihan hewan kurban di dampingi Sekda,staf ahli, asisten, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) dan satuan satpol PP.

Penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kerbau ini sangat luar biasa karena bukan hanya bapak bapak yang melakukan penyembelihan, tapi Ibu- ibu juga ikut berjibaku.

Tukiyat sebagai Koordinator lapangan penyembelihan hewan Kurban  mengatakan, petugas penyembelihan hewan kurban ini terdiri dari petugas Satuan Pamong Praja ( Satpol PP ) dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah ( KPBD ) Pemkab Inhu.

Adapun hewan kurban yang akan disembelih di hari raya Idul Adha kali ini, ada 33 ekor sapi, dan 1 ekor kerbau. Dimana sebahagian dagingnya akan dibagikan bagi petugas cleaning service, dan penjaga malam kantor bupati Inhu- Riau.

Selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat, sebanyak 2.000 kupon penerima daging yang telah dibagikan panitia di 14 kecamatan yang ada di Inhu, dan tidak ketinggalan, warga binaan Rutan Rengat, juga warga kurang yang mampu diberikan juga, dengan harapan agar di hari Raya Idul Adha 1444 H Kali ini,semua masyarakat yang ada Inhu bisa merasakan gembira dan bahagia bersama.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Inhu, Dedi Dianto mengatakan, sebelum pemotongan hewan Qurban tersebut, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatanya dari Dinas peternakan Inhu.

“Karena penyakit hewan seperti sapi, bisa sehat secara fisik kelihatan namun sakit. sehingga perlu dilakukan pemeriksaan sacara teliti bagian organ dalamnya sebelum dibagikan kemasyarakat, dari hasil semua pemeriksaan kesehatan hewan qurban tersebut, maka diketahui hasilnya, dinyatakan sehat dan aman untuk dikomsumsi," katanya.

 Selanjutnya hewan kurban yang sudah sambelih atau sudah menjadi potong potongan daging kecil, akan dibagikan kemasyarakat Inhu terkhususnya, tentunya melalui kupon yang telah dibagikan panitia sebelumnya.