Hari Lingkungan Hidup 2023, Danramil 1710-03/KK Ikut Melepasliaran Satwa Ke Habitat Alamnya

Hari Lingkungan Hidup 2023, Danramil 1710-03/KK Ikut Melepasliaran Satwa Ke Habitat Alamnya

Kabar Timika - Dalam rangka hari Lingkungan Hidup 2023 Ardin Yunian (Senior Vice President PT.FI ) didampingi sekaligus hadir Danramil 1710-03/Kuala Kencana Kapten Inf Gertaim Pakpahan melakukan kegiatan pelepasliaran satwa di Alun-Alun Kuala Kencana, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (17/06/23).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh G. Martana S. Hut. M.H (Kepala BKSAD Prov. Papua), Hendritte W. Tandiyono, S.E., M.M (Asisten III Bidang Administrasi Umum), Sabelina Fitri (Kepala Dinas Peternakan Kab. Mimika), AKP Y. Sera Ayatanoi (Kapolsek Kuala Kencana), Esti Gesang Setyadi (Vice President Enviromental) dan Filep Mayor (Perwakilan Polisi Kehutanan Pemda Mimika).

Disampaikan Pen Kodim 1710/Mimika, kehadirannya Danramil 1710-03/KK dalam kegiatan pelepasliaran satwa “ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian kita khususnya TNI terhadap kelestarian lingkungan alam,” katanya.

Danramil berharap semua pihak dapat bersinergi termasuk masyarakat dalam melakukan perlindungan terhadap satwa yang dilindungi dengan tidak melakukan perburuan dan perdagangan secara ilegal serta menindak tegas segala bentuk perburuan maupun perdagangan satwa dilindungi secara ilegal.

"Satwa yang dilepas adalah 5 ekor Kakatua Raja, 21 ekor Kakatua Koki, 33 ekor Kasturi Kepala Hitam, 2 ekor Nuri Baya dan 1 ekor Jagal Papua, dimana tujuan dari kegiatan pelepasliaran satwa ini adalah untuk mengembalikan satwa tersebut ke habitat aslinya, sehingga dapat hidup bebas dan berkembang biak dengan baik agar tetap terjaga kelestariannya yang endemiknya saat ini hampir punah," kata Danramil.**