Perkutut Seludupan Malaysia Ditangkap Petugas Karantina Surabaya

Perkutut Seludupan Malaysia Ditangkap Petugas Karantina Surabaya

Kabar Hewan - Penyelundupan empat ekor perkutut dari Malaysia ke Surabaya ditangkap oleh petugas Karantina Surabaya wilayah kerja Bandara Internasional Juanda di Bandara Juanda, modusnya penyeludupan untuk mengelabui petugas burung dimemasukkan ke pipa paralon. 

Kejadian serupa kera terjadi, satwa dari Indonesia ke luar negeri atau sebaliknya, kejadian ini ditemui oleh petugas, Kamis (18/4/19). Empat burung tersebut dimasukkan ke dalam pipa paralon dan disembunyikan di koper.

Burung ini dibawa seorang penumpang berinisial AM yang menumpang pesawat Air Asia jurusan Malaysia-Surabaya. Satu paralon berisi dua burung. Akibatnya, petugas mendapati dua burung telah mati. Kematian burung tersebut disebabkan pengemasan yang tidak mengikuti kaidah animal welfare, di mana dua ekor burung sekaligus dimasukkan dalam satu paralon.

"Saat diperiksa, dua ekor burung mati dan dua ekor lainnya masih hidup," kata salah seorang petugas Darusman di Surabaya, Senin (22/4/19).

Darusman menambahkan pengemasan burung ini memang tak mengikuti kaidah yang ada. Karena dua burung akan tersiksa saat berada pada satu paralon dalam perjalanan yang cukup lama.**