Tudingan Negatif Hasil Quick Count Dibantah, Lembaga Survey Buka-bukaan

Tudingan Negatif Hasil Quick Count Dibantah, Lembaga Survey Buka-bukaan

Kabar Pemilu - Diwadahi oleh Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi), bersama menggelar Ekspos Data Hasil Quick Count mereka setelah hasil hitung cepat atau quick count Pemilu 2019 mendapat tudingan negatif.

Dalam gelar ini hadir lembaga survei Charta Politika, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Indikator, Cyrus Network, Indo Barometer, Konsepindo, Populi Center, dan Poltracking.

Dalam jumpa pers ini, Ketua Umum Persepi Philips J Vermonte menyampaikan, secara tegas, seluruh lembaga survei tidak pernah menyatakan quick count adalah hasil resmi.

"Aktivitas quick count dan exit poll adalah legal dan bisa dibilang difasilitasi dalam konteks penyelenggaraan pemilu. Yang tidak boleh adalah menyiarkan sebelum jam 15.00 WIB sore. Seluruhnya difasilitasi oleh hukum dan tidak melanggar apapun," jelas Philips, semalam.

Dalam acara di Hotel Morrissey itu, Persepi membuka booth lembaga survei untuk secara transparan membeberkan seluruh metodologi, manajemen, proses pelaksanaan, hingga ekspos data quick count.

"Quick count dan exit poll itu saintifik, metodenya establish, dan memiliki mekanisme yang tidak abal-abal," katanya.

Dimana dijelaskan Philips, bentuknya adalah partisipasi publik dan bila diminta buka data.

Sementara, direktur Charta Politika, Yunarto menyampaikan, isu peggiringan opini bahwa KPU pada akhirnya akan menyamakan hasil hitungnya dengan quick count adalah tidak bisa dipertanggungjawabkan dan jauh dari keilmiahan.

Untuk menjawab keraguan ini, berdasarkan real count yang dimuat dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) pemilu2019.kpu.go.id, pukul 12.15 WIB, Minggu (21/4/19) dengan suara masuk 77.228 dari 813.350 TPS (9.49505%), Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin hingga siang ini, masih mempimpin perolehan suara.

Pada pilpres 2019 dari ini rivalnya Prabowo-Sandiaga: 46,03 persen (6 775 380 suara) dan Jokowi-Ma'ruf Amin: 53,97 persen (7 943 509 suara)

Agar masyarakat bisa memantau hasil atau update informasi real count Pilpres 2019, bisa dapat mengakses di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara.**