Pegawai Kejati Riau Ikuti Tausiyah Ba’da Dzuhur, Kasi Penkum: Semoga Dijauhkan Kemungkaran

Pegawai Kejati Riau Ikuti Tausiyah Ba’da Dzuhur, Kasi Penkum: Semoga Dijauhkan Kemungkaran

Kabar Pekanbaru - Pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Riau, mengikuti Tausiyah Ba’da Dzuhur, di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau, pukul 12.30 WIB pada Rabu (24/5/23). Tausiyah disampaikan oleh Ustaz Chairul Ichwan, S. PDI.

Ust. Chairul Ichwan, S. PDI menyampaikan firman Allah dan menceritakan hari kiamat pada jamaah yang hadir.

“Sayyidina Abdullah bin Amr bin Ash Radhiyallahu 'anhuma, Baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala akan memanggil salah seorang umatku di hadapan seluruh makhluk pada Hari Kiamat dan dihadapkan kepadanya 99 buku catatan keburukannya,” kata Ustaz. 

“Setiap buku catatan, besarnya sejauh mata memandang. Allah Subhanahu wa ta'ala akan bertanya, 'Apakah kamu mengingkari (catatan-catatan) ini?. Atau para pencatat itu telah menzalimi mereka,’ ulasnya.

Malaikat mencatat dosa yang tidak engkau lakukan atau mencatat dosa lebih banyak dari yang engkau lakukan. la akan menjawab, 'Tidak, wahai Rabbku (malaikat tidak mendzalimiku dan aku pun tidak mengingkari semua yang mereka catat. 'Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, 'Apakah kamu punya alasan?’.

Katanya, “la menjawab, 'Tidak, wahai Rabbku.' Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, 'Baiklah, sesungguhnya di sisi kami, kamu memiliki satu kebaikan dan sesungguhnya kamu tidak akan dizhalimi pada hari ini’.

Maka disodorkan kepadanya secarik tulisan yang isinya : " Maka dikatakan kepadanya, 'Pergilah kamu dan timbanglah secarik tulisan ini. la menjawab, 'Wahai Rabbku, apakah nilai secarik tulisan ini lebih berat dibandingkan 99 buku catatan amal burukku?' Maka Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, 'Pada hari ini kamu tidak akan dizhalimi.' Maka diletakkan lah semua catatan amal buruk itu di sisi timbangan, dan secarik tulisan tadi diletakkan di sisi timbangan lainnya, dan ternyata sisi timbangan yang berisi secarik tulisan tadi lebih berat”.

“Tiada satupun yang lebih berat melebihi Asma Allah Subhanahu wa ta'ala." (H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dari Kitab At-Targhib).

Usai tausiyah ini Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heri Purwanto, SH., MH, mengatakan, “dengan dilaksanakan Tausiyah Ba’da Dzuhur ini diharapkan pegawai Kejaksaan Tinggi Riau dapat mengajak kepada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran”.

“Ini semua dilakukan semata-mata untuk memuliakan agama Allah diatas bumi-Nya, serta untuk kebaikan manusia itu sendiri. Alhamdulillah semua yang mengikuti, secara ketat ikut protokol kesehatan (prokes),” kata Bambang, dalam kegiatan tausiyah Ba’da Dzuhur di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau ini, Rabu (24/5/23).**