Limbah PKS PT MAS Dikatakan Meluap, Ikan Endemik Sungai Kerumutan Terancam Punah

Limbah PKS PT MAS Dikatakan Meluap, Ikan Endemik Sungai Kerumutan Terancam Punah

Kabar Pelalawan - Bisik-bisik warga Desa Tambun kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan, Riau, matinya ribuan ikan di hulu sungai Kerumutan, Pelalawan, salah satu penyebabnya dugaan sementara dari limbah pabrik kelapa sawit (PKS) PT Makmur Andalan Sawit (MAS).

Kebenaran limbah PT MAS ini boleh dikatakan agak mendekati benar pasalnya dikonfirmasi humas PT Makmur Andalan Sawit (MAS), Sabtu (13/5/23) Tulus Bintang Siregar, tak menjawab. Diduga ikan mati tersebut akibat tumpahan limbah PKS perusahan ke sungai Kerumutan.

Sebelumnya warga Kamis (4/5/23) dihebohkan dengan temuan ikan mengapung di sungai dan menyebabkan bau busuk. Hebohnya ikan mati mendadak ini juga sempat dimuat media dengan judul “Ribuan Ikan Mati Di Aliran Sungai Kerumutan” namun diduga eror berita ini menghilang.

Menurut salah seorang warga setempat yang berprofesi pencari ikan, membenarkan temuan ikan mati ini , bahkan dirinya sudah mulai mengumpulkan Ikan yang mengapung semenjak subuh turun ke sungai.

Jenis ikan yang mati tersebut ikan Selais, ikan Baung, termasuk ikan endemik sungai tersebut (Gurame dan Sepat Siam) serta ikan ikan sungai lainnya.**