Toilet SPBU Gratis Kata Erick Thohir Bagi Warga Riau dan Sumbar “Isapan Jempol”

Toilet SPBU Gratis Kata Erick Thohir Bagi Warga Riau dan Sumbar “Isapan Jempol”

Kabar Pekanbaru - Fasilitas umum seperti sarana toilet di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero) gratis sesuai pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, yang cuit dalam Twitternya bagi warga Riau dan Sumbar hanya “isapan jempol”.

Pasalnya terpantau di sejumlah SPBU di Pelalawan dan perbatasan Sumbar Riau, para pengemudi masih mengeluhkan saat buang air di toilet SPBU ini masih bayar. "Dalihnya ditulis dekat kotak adalah uang kebersihan".

“Kok tak menyentuh ya pada SPBU Riau dan Sumbar. Apa ada sanksinya tu pak Erick Tohir,” kata warga Pelalawan yang berasal dari Sumbar, Batara (38Th), Sabtu (6/5/23).

Padahal dilansir dari sejumlah media, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, sudah meminta agar direksi PT Pertamina (Persero) menggratiskan fasilitas toilet umum di seluruh SPBU Pertamina.

Hal ini disampaikan Menteri Erick usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur. Erick meminta agar direksi Pertamina menggratiskan fasilitas toilet karena sudah mendapatkan keuntungan dari penjualan BBM.

Dalam video yang viral di media sosial itu, Erick tampak berbincang dengan salah satu petugas penjaga toilet SPBU. "Kalau yang mau pakai bayar Rp2 ribu kalau kencing dan mandi Rp4 ribu. Kenapa enggak gratis ini? Kan ini fasilitas umum," tanya Menteri Erick kepada petugas tersebut, di akun Instagram pribadinya, kemarin Twitter @erickthohir.

“Pertanyaannya apakah SPBU daerah pulau Jawa, Lampung tidak sama dengan SPBU di Riau maupun Sumbar,” kata warga yang sehari-hari menjadi travel Sumbar Riau ini.**