Biadab, Oknum Perusahaan Minta Seks untuk Syarat Perpanjangan Kontrak Kerja, ASPEK Indonesia; Hukum Berat Jangan Ada Perdamaian

Biadab, Oknum Perusahaan Minta Seks untuk Syarat Perpanjangan Kontrak Kerja, ASPEK Indonesia; Hukum Berat Jangan Ada Perdamaian

Kabar Jakarta - Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) mengutuk keras tindakan oknum manajemen perusahaan di Cikarang, yang diduga memberikan syarat perpanjangan kontrak kepada tenaga kerjanya, dengan mengharuskan pekerja perempuan untuk berhubungan seks dengan atasannya agar dapat bertahan di perusahaan.

“Ini tindakan biadab yang tidak bisa dimaafkan oleh siapapun. Biadab karena pelaku telah melakukan pelecehan seksual, eksploitasi manusia dan melanggar hak asasi manusia untuk mendapatkan jaminan pekerjaan dan penghidupan yang layak! Aparat kepolisian harus secara tuntas, mengusut dan mengungkap pelakunya serta menghukum pelaku  dengan sanksi yang seberat-beratnya,” tegas Presiden ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat, SE, dalam keterangan pers tertulisnya kepada media ini Jumat (05/05/23).

Mirah Sumirat, menegaskan bahwa permasalahan pelecehan seksual di tempat kerja, menjadi perhatian serius bagi seluruh dunia. “Karenanya, kita mendesak pihak-pihak terkait untuk segera mengambil langkah-langkah sesuai tupoksinya masing-masing, terhadap kasus yang sangat memalukan ini,” kata Mirah Sumirat yang juga merupakan Presiden Women Committee UNI Asia Pacific, sebuah federasi serikat pekerja internasional itu.

Dengan kejadian ini kata Mirah Sumirat “ASPEK Indonesia menuntut agar para pelaku diproses hukum dan dihukum seberat-beratnya. “Tidak boleh ada perdamaian dalam kasus pelecehan seksual, karena yang dirugikan adalah para korban. Kasus ini pantas disebut sebagai praktek perbudakan dan eksploitasi manusia,” katanya.

Selain itu lanjut Mirah Sumirat, ASPEK Indonesia menuntut agar para korban diberikan jaminan perlindungan hukum, termasuk dalam memberikan kesaksian atas kasus ini.

“Karena dalam situasi seperti ini, biasanya korban berada dalam posisi sangat rentan dan rawan intimidasi termasuk ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) bahkan ancaman serius lainnya,” sambung dia.

ASPEK Indonesia lanjut Mirah Sumirat, meminta Pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan untuk segera turun ke lapangan, termasuk menindak tegas perusahaan yang tidak mampu memberikan jaminan keamanan dan keselamatan kepada pekerjanya, khususnya hak-hak pekerja perempuan.

“Bukan tidak mungkin, kasus seperti ini banyak terjadi di lapangan,” beber Mirah Sumirat, yang juga meminta agar Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), segera membentuk Tim Khusus untuk membantu para korban pelecehan seksual ini agar terlindungi keselamatan diri dan keluarganya, serta dalam menuntut keadilan hukum.**