Pencarian Korban Kapal Cepat SB Evelyn Calisca 01 Berakhir, “12 Meninggal 5 Diperiksa Polisi”

Pencarian Korban Kapal Cepat SB Evelyn Calisca 01 Berakhir, “12 Meninggal 5 Diperiksa Polisi”

Kabar Pekanbaru - Kepala Kepolisian Polda Daerah (Polda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan pada media insiden terbaliknya kapal cepat SB Evelyn Calisca 01 di Perairan Guntung, Sabtu (29/4/2023), melakukan penyidikan nahkoda SH dan 4 ABK masing-masing BP, H, A dan SP serta penanggung jawab pelayaran berinisial A apabila terdapat unsur perbuatan melanggar hukum atau unsur kelalaian yang disengaja.

"Akan kita lakukan penyidikan apabila terdapat unsur perbuatan melanggar hukum atau unsur kelalaian yang disengaja," kata Irjen Iqbal kepada media, Jumat (28/4/23).

“Lima awak kapal cepat SB Evelyn Calisca 01 yang terbalik di Perairan Guntung, Indragiri Hilir, Kamis (17/4/2023)  siang kemarin diproses untuk dimintai pertanggungjawaban atas kecelakaan laut yang sementara menewaskan 11 penumpang,” ulasnya.

Sebelumnya, Tim SAR Gabungan menemukan korban terakhir yang hilang dalam insiden ink Korban atas nama Charmel Zhalma Alaya (17Th) yang diduga adalah penumpang yang ikut tenggelam dalam tragedi kecelakaan tunggal di perairan laut pada Kamis siang lalu itu.

Pencarian terdiri dari Tim yaitu dari Pos SAR Tembilahan, Unit Siaga SAR Kepulauan Meranti, Polres Inhil, Polair Inhil, TNI AL, Tim DVI Polda Riau, Bea Cukai Tembilahan, Bea Cukai Pekanbaru, Polsek Kateman, BPBD Inhil, Koramil Kateman, KPLP Tanjung Uban, Babinsa Guntung, Koramil Kateman, KSOP Sungai Guntung, Bakamla dan masyarakat Guntung.

Pencarian yang dilakukan pada luas area sejauh 80 Nm pagi tadi. Adapun jenazah korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di tepi sungai Perairan Guntung dalam keadaan telungkup. Korban ditemukan kurang lebih jarak 1 Nm dari lokasi kejadian.

“Korban telah dievakuasi dan akan diserahkan ke pihak keluarga,’ kata Kepala Kantor SAR Pekanbaru I Nyoman Sidakarya.

I Nyoman Sidakarya menerangkan, dengan telah ditemukannya korban yang hilang terakhir, maka jumlah penumpang “SB Evelyn Calisya 01” yakni sebanyak 76 orang.

“Korban selamat 64 orang dan meninggal dunia 12 orang, Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang membantu pencarian korban,” katanya.**