Pemdes Sencalang Salurkan BLT-DD Tahap I Tahun 2023 Kepada 23 KPM

Pemdes Sencalang Salurkan BLT-DD Tahap I Tahun 2023 Kepada 23 KPM

Kabar Inhil - Pemerintah Desa (Pemdes) Sencalang Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 tahun 2023. BLT-DD tahun ini sebagai bagian dari upaya pengentasan kemiskinan di desa. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bertempat di aula Kantor Desa Sencalang.

Pemerintah Desa Sencalang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahap 1 bulan Januari - Maret tahun 2023.

Dalam acara penyaluran BLT-DD tersebut, dihadiri langsung Kepala Desa H.M Ramli Duke, Sekdes, Ketua BPD beserta anggota Desa Sencalang, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, P3MD, Perangkat Desa Serta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam Sambutannya H.M Ramli Duke menjelaskan, bahwa KPM penerima BLT-DD pada tahun 2023 sebanyak 23 Kepala Keluarga (KK). 

“BLT dana desa tahun 2023 lain dengan BLT dana desa tahun tahun sebelumnya, kalau di tahun 2023 BLT Dana Desa sudah ditentukan minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari jumlah dana desa yang diterima tahun 2023,” jelasnya.

“Selain itu BLT-DD tahun ini untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem sesuai INPRES NO 4 TAHUN 2022 dan setiap KPM menerima 300 ribu setiap bulan sampai bulan Desember 2023 yang bersumber dari dana desa,” imbuhnya.

Selanjutnya H.M Ramli mengatakan, ada pengurangan jumlah penerima dikarenakan ada kriteria yg tidak sesuai dengan Regulasi Tahun 2023.

“Pemilihan atau penjaringan penerima bantuan ini tidak asal pilih, semua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima sudah melalui proses verifikasi dan falidasi serta musdes khusus bersama BPD dan tokoh masyarakat. Adapun dana BLT-DD ini Kita salurkan tiga bulan sekaligus, dengan nominal Rp. 300 ribu perbulan dengan jumlah KPM menerima tahap 1 ini sebesar Rp.900 ribu untuk bulan Januari - Maret,” katanya.

“Namun kami Atas nama Pemerintah Desa Sencalang tetap bersyukur adanya bantuan utk masyarakat kami dan Saya sangat berharap kepada penerima BLT-DD ini agar dapat di peruntukan semaksimal mungkin, karena bantuan ini program pemerintah pusat melalui dana desa (DD) maka dari itu bagi KPM yang menerima nya agar dapat di perguna kan sebaik-baik nya,” papar H.M. Ramli Duke.

Menurut H.M.Ramli dengan adanya program BLT-DD ini dapat sedikit membantu meringankan beban bagi masyarakat yang menerimanya. 

“Semoga penyaluran BLT dana desa ini bisa meringankan beban ekonomi bagi keluarga penerima manfaat,” pungkas Kades Sencalang H.M Ramli Duke.**