Pelantikan Sekda Menjadi Bupati Cirebon Menunggu Pengumuman KPK

Pelantikan Sekda Menjadi Bupati Cirebon Menunggu Pengumuman KPK

Kabar Nusantara - Kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tengah menyiapkan Surat Keputusan (SK) untuk pengganti Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra, dan menunggu pernyataan dari KPK.

"Apabila Sunjaya dinyatakan tersangka oleh KPK, Mendagri akan menunjuk Sekda Kabupaten Cirebon untuk mengisi posisi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati tersebut," ujar Tjahjo, Kamis (25/10/18).

Tjahjo akan mengirim SKI tersebut kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pelantikan Sekda Kabupaten Cirebon menjadi Plt juga dapat segera dilakukan pada hari ini, tapi setelah ada pernyataan dari KPK pada sore ini.

"SK akan diserahkan ke Pak Gubernur kalau KPK mengumumkan siang ini, mungkin malam bisa dilantik. Yang penting jangan ada kekosongan tanggung jawab pemerintahan," kata Tjahjo.

Hal itu dikatkannya, agar pola pemerintahan di Cirebon tidak berhenti namun saat ini dia sedang mempersiapkan SK-nya setelah dinyatakan ditahan maka langsung dilantik.

"Kenapa Sekda? karena wakil bupatinya mencalonkan diri sebagai anggota DPR," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan banyak media, Sunjaya kena OTT KPK karena adanya dugaan suap terkait jual-beli jabatan. Selain itu, ada dugaan transaksi lebih dari Rp 1 miliar terkait OTT tersebut. Juga selain Sunjaya, ada enam orang lain yang diamankan KPK.**