Kunjungi Korban Ledakan Pertamina Dumai Iqbal Berikan Bantuan

Kunjungi Korban Ledakan Pertamina Dumai Iqbal Berikan Bantuan

Kabar Dumai - Kepala Kepolisian Daerah Riau (Kapolda Riau) Irjen Pol Mohammad Iqbal, langsung meninjau korban dampak yang melanda kilang minyak di PT Kilang Pertamina Internasional Regional Unit II (PT KPI RU II) di Jalan Puteri Tujuh, Kota Dumai, di Lingkungan 9 Tanjung Palas, Kota Dumai sekaligus memberikan bantuan pada Ahad (2/4/23).

Iqbal sebelumnya di Pekanbaru, menyampaikan pihaknya melalui Kepolisian Resor Dumai dan Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Riau sudah melakukan langkah-langkah di lokasi sesaat setelah peristiwa ledakan kilang tersebut, terutama dalam hal upaya pencegahan dan antisipasi.

"Yang pertama soal pengamanan agar parameter aman itu terwujud dan seluruh masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Kedua melakukan penyelidikan mengapa hal itu bisa terjadi, kita akan selidiki dengan bekerja sama dengan berbagai pihak," katanya.

Dia menyampaikan bahwa tak berapa lama setelah ledakan kilang Pertamina itu, situasi dapat ditenangkan dan api berhasil padam tidak kurang dari 20 menit, selain pihaknya juga meyakinkan seluruh masyarakat yang terdampak bahwa situasi tersebut aman.

Iqbal mengatakan, “tidak ada korban jiwa. Alhamdulillah wa syukurillah, hingga detik ini, menjelang Sahur, tidak ada korban jiwa,” terang Kapolda usai patroli Subuh, Minggu (2/3/23).

Memang, diakui Irjen M Iqbal, setelah kejadian terdapat beberpa korban dari warga masyarakat luka luka. Tetapi luka lukanya katagori ringan. Bahkan dari korban itu 2 di antaranya sudah diperbolehkan pulang.

Saat ini terangnya, sudah memerintahkan Kapolres Dumai dan Direktur Pamobvit Polda Riau untuk melakukan upaya upaya pencegahan dan antisipasi pasca ledakan terjadi.

Penyebab ledakan terang Kapolda Riau mengaku masih dalam penyelidikan. Dia sendiri jam 9 pagi nanti akan bertolak ke Kota Dumai untuk memantau langsung pasca ledakan tersebut.**