Update Ledakan Kilang Pertamina Dumai, “Sedikitnya 9 Luka”

Update Ledakan Kilang Pertamina Dumai, “Sedikitnya 9 Luka”

Kabar Dumai - Kilang minyak milik Pertamina RU 2 Dumai, Putri Tujuh, Dumai Timur, Dumai, Riau terbakar hebat, Sabtu (1/4/23) malam. Sempat terjadi ledakan diiringi api yang membumbung tinggi. 

Bahkan, ledakan terdengar hingga radius 30 kilometer, atau hampir di seluruh wilayah Kota Industri dan Pelabuhan di Riau itu. Informasi sementara ledakan diduga berasal dari salah satu kompresor yang ada di dalam kilang Pertamina dirasakan oleh masyarakat Dumai.

Kabibat kejadian ini, baru terdata sembilan orang mengalami luka-luka akibat ledakan di Kilang Pertamina Internasional (KPI) Putri Tujuh RU II di Kota Dumai, pada pukul 22.45 WIB itu.

Kapolda Riau Irjen M Iqbal, mengatakan pada media dari laporan Kapolres Dumai, api berhasil dipadamkan tidak kurang dari 20 menit. Saat ini, pihaknya meyakinkan kepada seluruh masyarakat yang terdampak, aman.

“Tidak ada korban jiwa. Alhamdulillah wa syukurillah, hingga detik ini, menjelang Sahur, tidak ada korban jiwa,” terang Kapolda usai patroli Subuh, Minggu (2/3/23).

Memang, diakui Irjen M Iqbal, setelah kejadian terdapat 9 warga masyarakat yang luka luka. Tetapi luka lukanya katagori ringan. Bahkan dari 9 itu, 2 di antaranya sudah diperbolehkan pulang.

Saat ini terangnya, sudah memerintahkan Kapolres Dumai dan Direktur Pamobvit Polda Riau untuk melakukan upaya upaya pencegahan dan antisipasi pasca ledakan terjadi.

Penyebab ledakan terang Kapolda Riau mengaku masih dalam penyelidikan. Dia sendiri jam 9 pagi nanti akan bertolak ke Kota Dumai untuk memantau langsung pasca ledakan tersebut.**