Tawaran dan Harga Pilitik Uang di Pangandaran Naik

Tawaran dan Harga Pilitik Uang di Pangandaran Naik

Kabar Pangandaran - Bawaslu Kabupaten Pangandaran juga menerima laporan praktik politik uang di Dusun Cibuntu, Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang pada masa tenang Pemilu 2019. Kejadiannya dilaporkan terjadi Minggu malam.

Infonya, penyerahan uang disertai unsur kampanye berupa ajakan untuk memilih salah seorang caleg DPRD Kabupaten dari salah satu partai. Didaerah ini kabarnya politik uang dianggap lumrah, terutama oleh pemilih yang berusia 40 tahun ke atas. Sedangkan yang muda-muda, dia mengungkapkan, relatif lebih sadar

Sejumlah warga mengungkapkan daya tawar Politik uang meningkat dibandingkan Pemilu 20154 lalu.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemi Pangandaran, Gaga Abdillah Shihab mengungkapkan seorang warga melaporkan adanya praktik politik uang yang dilakukan salah seorang anggota tim relawan salah satu caleg.

"Setelah kami telusuri benar, pelapor menunjukkan barang bukti berupa uang Rp 100 ribu, dan tertulis pada amplop nama penerima" ujar Gaga, Selasa (16/4/19) seperti dilansir detikcom.

Berkaitan temuan tersebut, menurut Gaga, pihaknya sudah dibahas di Sentra Tim Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) dan akan dibuat register kasus pelanggaran.

Saat ini, pihaknya mendapatkan laporan dan temuan sejumlah dugaan kasus politik uang. Saat ini, menurut dia, pihaknya tengah menginvestigasi.

Gaga mengakui di Kabupaten Pangandaran masih dijumpai politik uang. Sayang, kata Gaga, mayoritas warga enggan kooperatif untuk melapor.**