Lurah Sei Mati : Proses Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepling Sudah Sesuai Perwal 

Lurah Sei Mati : Proses Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepling Sudah Sesuai Perwal 

Photo : Kantor Lurah Sei Mati Kecamatan Medan Maimun Jalan Brigjen. Katamso Medan

Kabar Medan - Proses pengangkatan dan pemberhentian Kepala Lingkungan (Kepling) sudah sesuai Peraturan Walikota (Perwal) nomor 21 serta melalui seleksi secara bertahap.

"Pemilihan Kepala Lingkungan sudah sesuai dengan peraturan walikota (Perwal). Jadi dari awal sudah dibuat kegiatan tersebut. Sampai tahapan verifikasi di masing-masing kelurahan. Lurah juga melakukan verifikasi dan survei di lapangan untuk masing-masing calon Kepala Lingkungan," jelas Lurah Sei Mati Kecamatan Medan Maimun Fatimah Gabena Harahap S.Sos, usai menerima Calon Kepling Feri dan Nandar bersama pengacaranya, Senin (27/3/2023).

Selanjutnya, sambung Lurah Sei Mati mengirimkan nama-nama yang lulus verifikasi 30 persen untuk diserahkan ke kecamatan untuk dilakukan penelitian dan verifikasi kembali, termasuk ujian.

"Jadi jelas, pemilihan Kepala Lingkungan itu sudah sesuai Perwal. Jadi sesuai dengan Perwal jelas bahwa Camat diberikan kebijakan untuk melakukan suatu penelitian dan verifikasi," ungkapnya

Dia juga meminta kepada calon kepling yang menang dan kalah dalam ujian pemilihan Kepala Lingkungan untuk dapat berbesar hati atas hasil yang sudah diberikan.

"Untuk calon yang kalah harus bisa berbesar hati. Ada rasa tidak puas, setiap kompetisi pasti ada yang menang dan kalah," imbuhnya.

Dia menambahkan alasan dilakukan ujian tes wawancara dan tertulis agar mengetahui kualitas dan kemampuan masing-masing calon Kepala Lingkungan sampai dimana pemahamanan terhadap lingkungannya.

Lurah Sei Mati juga mengatakan bahwa dirinya tidak ada melakukan kecurangan atau pilih kasih terhadap para calon Kepala Lingkungan.

"Jadi, semua sudah sesuai dengan Peraturan Walikota. Baik itu dari uji verifikasi dan penelitian," tegasnya.

Lurah Sei Mati juga menyerahkan sejumlah berkas kepada Calon Kepling yang protes yaitu , M Syahputra Imam Munandar, Fery calon Kepling 7 dan pengacaranya

"Kita buktikan bahwa kita transparan dalam pemilihan kepling ini dan ada kita tempel di kantor lurah, dan kita sudah berikan data ke calon kepling beserta pengacaranya," pungkasnya.**