Perlunya Penegasan dan Penetapan Batas Wilayah ZEE Indonesia

Perlunya Penegasan dan Penetapan Batas Wilayah ZEE Indonesia

Vietnam,Wilayah

Opini - Saat ini, sedang berlangsung isu pemberian Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) kepada Vietnam yang juga merupakan wilayah yang sedang sedang di perbincangkan.

Wilayah tersebut termasuk perairan Selat Karimata, Laut Natuna, dan Laut Natuna Selatan, yang salah satu wilayah penangkapan ikan strategis Indonesia.

Wilayah itu dianggap untuk konsesi di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPPNRI) 711. Karena zona ini selalu terjadi penyusutan tentunya berakibat berkurangnya wilayah kedaulatan Indonesia dan wilayah penagkapan ikan di zona ini.

Saat ini Pemerintah Indonesia akan mengeluarkan biaya yang cukup besar dengan hilangnya potensi pendapatan dari sumber daya alam laut di wilayah tersebut bahkan untuk selamanya.

Karenanya perlu dilakukan penegasan penetapan batas wilayah ZEE Indonesia. Ketika membahas Indonesia sebagai peserta UNCLOS 1982 (United Nations Convention on the Law of the Sea) sejak tahun 1996 berakibat selama ini, nelayan Vietnam dan Cina dapat diduga tidak menghormati hak berdaulat Indonesia dan melanggar hukum yang diatur dalam UNCLOS. 1982 Pasal 56 ayat (1), Pasal 240, Pasal 244, dan Pasal 246.**