Diprediksi Jokowi Menang Cuma Dua Digit dari Prabowo

Diprediksi Jokowi Menang Cuma Dua Digit dari Prabowo

Kabar Pemilu - Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA elektabilitas terbaru capres-cawapres, Joko Widodo-Ma'ruf Amin disebut kian di ambang menang telak dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno jelang pencoblosan pada 17 April mendatang.

Dirilis, selisih dukungan terhadap Prabowo-Sandi di atas dua digit. Lima hari menjelang pencoblosan, dukungan Jokowi-Ma'ruf dalam rentang 55,9%-65.8%. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34,2%-44,%". Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

"Jokowi-Ma'ruf di ambang menang telak," ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam rilis terbaru hasil survei, Jumat (12/4/19).

Dijelaskan Ardian, Survei LSI Denny JA terbaru ini dilakukan pada 4-9 April 2019 dengan menggunakan 2.000 responden. Jokowi-Ma'ruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih di atas dua digit.

Selisih di atas dua digit ini disebut selalu stabil di periode-periode survei LSI Denny JA selanjutnya hingga survei teranyar April 2019.

"Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner," katanya.

Sementara masalah Margin of error survei ini adalah 2,2%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. 

"Jika elektabilitas Jokowi-Ma'ruf menggunakan batas bawah elektabilitas saat ini 55,9%, dan Prabowo-Sandi menggunakan batas atas 44,1%, Keunggulan Jokowi-Ma'ruf di atas dua digit dari Prabowo-Sandi konsisten sejak Agustus 2018," kata Ardian.**