Mahfud; Peristiwa Penyanderaan Pilot Susi Air Tak Ada Hubungannya dengan Penangkapan Lukas Enembe

Mahfud; Peristiwa Penyanderaan Pilot Susi Air Tak Ada Hubungannya dengan Penangkapan Lukas Enembe

Kabar Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md menjawab pertanyaan wartawan mengenai keterkaitan penangkapan Lukas Enembe dengan peristiwa penyanderaan Pilot Susi Air oleh KKB.

“Kedua peristiwa itu tak ada hubungannya. Yang menyandera orang asing ini adalah Kagoya. Kagoya ini sejak bertahun-tahun lalu sebelum ada urusan Enembe sebelum ada DOB itu memang sudah memberontak. Dan sudah selalu mengomongkan nantang-nantang ayo tentara datang ke sini. Tapi sesudah dicari hilang. Seharusnya kalau sudah nantang muncul," jelasnya.

Hal tersebut dikatakan Mahfud saat menghadiri acara silaturahmi dan dialog tentang perkembangan terkini bersama sejumlah tokoh di Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/23).

Mahfud Md juga menyinggung mengenai kondisi Papua setelah gubernur nonaktif Lukas Enembe ditangkap oleh KPK. Mahfud menyebut situasi Papua justru lebih tenang setelah Lukas Enembe ditahan.

"Lukas Enembe itu malah buat Papua tenang," kata Mahfud 

Mahfud menyebut aksi demonstrasi kerap terjadi sebelum Gubernur Papua nonaktif itu ditangkap. Namun kini situasinya cenderung tenang. Ditambah lagi rekening Pemprov Papua dibekukan sehingga tidak ada demo.

"Ketika mau ditangkap dulu itu selalu demo, begitu ditangkap betul selesai sekarang. Tidak ada lagi demonya dan uangnya kita freeze. Uang tidak boleh keluar hingga ada kejelasan sehingga biaya demo dan sebagainya tidak ada lagi,” pungkasnya.**