Rusia Kerahkan 300 Tentara dan 60 Unit Peralatan Militer Khusus Ke Suriah

Rusia Kerahkan 300 Tentara dan 60 Unit Peralatan Militer Khusus Ke Suriah

Kabar Damaskus - Pasca gempa bumi Magnitudo 7,8 mengguncang sepekan lalu, Rusia mengerahkan lebih dari 300 tentaranya dan 60 unit peralatan militer khusus untuk membantu upaya pemulihan ke Suriah.

Seperti diketahui dalam gempa itu Ribuan orang dilaporkan tewas apalagi di Suriah yang dilanda perang berkepanjangan.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya menyebut ratusan tentara Rusia itu telah berada di wilayah Suriah untuk membantu aktivitas pembersihan puing-puing yang ambruk akibat gempa dan operasi pencarian korban.

Tentara-tentara yang dikerahkan itu merupakan bagian dari pasukan Rusia yang sebelumnya ditugaskan di Suriah.

Moskow diketahui bersekutu dengan rezim Suriah yang melawan pemberontak dan oposisi dalam konflik berkelanjutan di negara tersebut.

"Para prajurit dari kelompok pasukan Rusia terus melakukan aktivitas-aktivitas untuk membersihkan puing-puing dan menghilangkan konsekuensi gempa bumi," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan via Telegram seperti dilansir Reuters, Rabu (15/2/23).

"Lebih dari 300 tentara dan 60 unit militer dan peralatan khusus telah terlibat dalam pekerjaan itu," imbuh pernyataan tersebut.

Disebutkan juga oleh Kementerian Pertahanan Rusia bahwa paket bantuan berupa makanan dan disinfektan, juga kebutuhan pokok lainnya, telah dikirimkan ke titik bantuan kemanusiaan di Aleppo.

Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia dalam pernyataan pada Senin (13/2) waktu setempat, mengatakan telah melakukan kontak dengan otoritas Suriah untuk memberikan bantuan ke wilayah-wilayah yang terdampak gempa.**