Hujan Lebat, Jombang Direndam Banjir Setinggi 1 Meter

Hujan Lebat, Jombang Direndam Banjir Setinggi 1 Meter

Kabar Peristiwa - 3 kecamatan wilayah Kabupaten Jombang ditengelamkan banjir, ketinggian air yang sempat merendam permukiman penduduk mencapai 1 meter termasuk 5 desa. Banjir mulai naik sejak pukul 04.00 WIB.

Banjir di kampung ini akibat meluapnya Sungai Gunting. Sungai tersebut tak mampu menampung air hujan yang mengguyur sejak pukul 01.00 WIB. Banjir salah satunya merendam Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. 

"Banjir mulai masuk ke rumah sekitar subuh tadi, pukul 04.00 WIB," kata Umar Yani (44), salah seorang warga Dusun Kebondalem kepada wartawan di lokasi, Selasa (9/4/19) seperti dilansir dilaman detikcom.

Banjir di kampung ini sempat mencapai ketinggian 1 meter, atau setinggi dada orang dewasa. Kendati begitu, sebagian besar penduduk memilih bertahan di rumah mereka masing-masing.

"Banyak barang yang harus dijaga. Biasanya sebentar lagi surut banjirnya," ujar Ika Puspita Dewi (29), warga Kebondalem yang tidak mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang Abdul Wahab menjelaskan, banjir hari ini terjadi di 5 desa di Kecamatan Mojoagung, Mojowarno dan Jogoroto. Namun, banjir paling parah terjadi di Desa Kademangan, Betek dan Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung.

"Banjir kali ini karena ada penyumbatan di Sungai Pancir dan Kali Gunting. Anggota kami beserta warga dan pemerintah desa segera akan membersihkan masalah penyumbatan itu," pungkasnya.**