Sapi di Lubuk Dalam, Siak Dimangsa, Plt Kabid KSDA; Kita Sudah Ke Lokasi

Sapi di Lubuk Dalam, Siak Dimangsa, Plt Kabid KSDA; Kita Sudah Ke Lokasi

Kabar Pekanbaru - Llaporan adanya sapi warga yang dimangsa satwa liar di Desa Lubuk Dalam, Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, ditanggapi langsung Plt. Kepala Bidang KSDA Wil. II, Hartono, Rabu (8/2/23).

Dalam pesan WhatsApp Hartono menyebut pada Senin, 6 Februari 2023 ada laporkan adanya seekor sapi warga yang dimangsa binatang buas;.

“Lalu Selasa, 7 Februari 2023, Tim Balai Besar KSDA Riau dari Resort Siak turun ke lokasi di Desa Lubuk Dalam untuk menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut,” katanya.

Laporan itu kata Hartono, “terkait adanya sapi yang dimangsa binatang buas tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan di lapangan kejadian tersebut berada di dua lokasi (Blok) berbeda di kebun PTPN V”.

“Sapi yang dimangsa berjumlah 2 ekor milik pekerja yang dipelihara di areal kebun milik PTPN V. Dugaan sementara sapi dimangsa oleh Harimau Sumatera,” ulas Hartono.

“Karena di lokasi ditemukan jejak Harimau dengan ukuran 13 cm. Sapi yang dimangsa sudah diseret sejauh lebih kurang 30 meter dari lokasi ditemukannya pada Tanggal 6 Februari 2023,” lanjutnya.

Jelas Hartono, “kita berupaya yang dilakukan oleh Tim Balai Besar KSDA Riau adalah melakukan pemasangan Box Trap dan 2 Kamera Trap di lokasi ditemukannya sapi yang dimangsa dan sekaligus sapi tersebut dijadikan umpan, sosialisasi.

“Tim menghimbau agar sapi yang berada di kebun sementara di evakuasi di tempat yang aman, dan kita harap kepada pihak perusahaan agar tidak beraktivitas di daerah jelajah Harimau Sumatera,” katanya.

Daat ini sambung Hartono, “Tim Balai Besar KSDA Riau Bersama TNI, POLRI, BPBD Kab. Siak Bidang Damkar, aparat Kecamatan Lubuk Dalam, Satpol PP Kabupaten Siak, berencana akan melakukan 3 pemasangan Kamera trap dan pemantauan via drone serta penggantian umpan.

“Saat ini tim masih melakukan pemantauan dan pengumpulan informasi di lokasi kejadian,” pungkasnya.**