Laskar Amali Keberatan Jalan H. Zainul Arifin di Tutup, Kota Medan Tambah Macet, Pengunjung Sun Plaza Mengeluh

Laskar Amali Keberatan Jalan H. Zainul Arifin di Tutup, Kota Medan Tambah Macet, Pengunjung Sun Plaza Mengeluh

Photo : Iqbal Alfansyuri Laskar Amali dan Jalan H. Zainul Arifin di tutup

Medan - Iqbal Al Fansyuri Laskar Amali mengeluhkan Jalan H. Zainul Arifin di tutup karena menimbulkan kemacetan dan membuat pengunjung Sun Plaza mengeluh, Minggu (5/2/2023)

"Janganlah jalan Kebun Bunga dan Jalan H. Zainul Arifin di tutup, saya sangat keberatan, Pemko Medan harusnya berpikir akan dampak dari di tutupnya dua jalan tersebut," ungkapnya

Lanjut Iqbal mengatakan di Kota Medan sudah rawan macet jangan ada lagi penutupan jalan, dirinya berharap semua pihak mengerti keadaan tersebut

"Kalau mau buat acara dalam gedung saja jangan sampai menutup jalan, apalagi jalan Haji Zainul Arifin dan Kebun bunga, dirinya berharap kalau mau buat acara di dalam gedung saja, tanpa harus menutup jalan," pungkasnya.

Berdasarkan Informasi yang di himpun awak media, Pemerintah Kota Medan menggelar Thaipusam yang merupakan festival keagamaan umat Hindu pada 5 Februari 2023 ini. Terdapat dua ruas jalan yang ditutup selama pelaksanaan Thaipusam tersebut.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Medan, Laksamana Putra Siregar mengatakan Thaipusam akan dilaksanakan di daerah Little India yakni di Kampung Madras di Jalan KH Zainul Arifin. Sehingga jalan tersebut akan ditutup mulai dari Sabtu (4/2) pukul 23.30 WIB hingga Minggu (5/2) pukul 23.30 WIB.

"Iya benar (ada penutupan jalan), acara itu merupakan kegiatan keagamaan umat Hindu di Medan, jalan yang ditutup itu mulai dari simpang kuil yang di Jalan KH Zainul Arifin hingga simpang Jalan S Parman," katanya Jumat (3/5/2023).

Selain itu, Jalan Kejaksaan juga akan ada penutupan jalan. Karena salah satu rangkaian Thaipusam itu adalah arak-arakan dari Kuil Sree Soepramaniem Nagarattar yang terdapat di Jalan Kejaksaan ke little India yang terdapat di Jalan KH Zainul Arifin.

"Jalan Kejaksaan juga ada penutupan jalan karena adanya arak-arakan dari kuil yang di dekat Kebun Bunga ke little India," ucapnya.

Laksamana mengimbau agar warga Medan menghindari ruas jalan tersebut selama pelaksanaan Thaipusam. Satlantas Polrestabes Medan dan Dinas Perhubungan, kata dia, akan melakukan rekayasa lalu lintas terkait penutupan jalan itu.

"Kami imbau kepada pengendara untuk menghindari jalan tersebut sesuai dengan yang dijadwalkan, nanti akan ada rekayasa lalu lintas terkait dengan penutupan jalan itu," imbaunya.

Laksamana menyebutkan, Thaipusam digelar tiap tahunnya oleh Pemkot Medan, namun dua tahun terakhir ditiadakan karena pandemi COVID-19. Thaipusam tahun ini diharapkan mampu menarik wisatawan, seperti di beberapa negara lain yang menjadikan Thaipusam sebagai saya tarik wisata.

"Thaipusam ini sudah sering kita laksanakan tiap tahunnya, tapi memang sempat berhenti karena COVID-19, nah tahun ini kita laksanakan kembali dan diharapkan dapat menyedot wisatawan datang ke Medan," sebutnya.

"Sebab di beberapa negara Thaipusam ini menjadi wisata, dengan demikian kita juga berharap tahun depan dapat menarik wisatawan mancanegara," imbuhnya.**