WNI Luar Negeri Hari Ini Mulai Coblos

WNI Luar Negeri Hari Ini Mulai Coblos

Kabar Politik - Warga Negara Indonesia (WNI di luar negeri sudah melakukan pencoblosan Pemilu 2019 atau pemungutan suara di luar negeri

pemilihan di luar negeri menggunakan tiga metode, yaitu kotak suara keliling, TPS, dan pos. Kawasan luar negeri yang memulai pemilihan di tanggal 8 April 2019 ini adalah Sana'a atau Tarim di Yaman.

Pencoblosan yang dilakukan warga negara Indonesia di mancanegara memilih legih awal dari dalam negeri, hal ini diselenggarakan mulai hari ini, Senin (8/4/19).

"Pemungutan suara di luar negeri itu kan dilaksanakan bertahap antara tanggal 8 sampai dengan 14 April 2019. Jadi memang penungutan suara di luar negeri lebih awal, dari pemungutan suara di dalam negeri," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Wahyu mengatakan, saat ini proses persiapan pemungutan suara berjalan lancar. Kendala yang ditemui masih dapat diatasi sejauh ini. Pencoblosan digelar dengan menghormati aturan yang berlaku di negara setempat.

Sementara itu, komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan proses pencoblosan yang baru dimulai ini dengan metode pemlihan di TPS. Sedangkan metode pemilihan melalui pos telah dilakukan sejak Maret 2019.**