16 Orang “Pengutil” Dalih Sumbangan untuk Yayasan Diamankan Polsek Ciracas

16 Orang “Pengutil” Dalih Sumbangan untuk Yayasan Diamankan Polsek Ciracas

Kabar Jakarta - Mengatasnamakan sebuah yayasan, sebanyak 16 orang meminta-minta sumbangan fiktif kepada warga di sekitar Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim), diamankan, pada Minggu (22/1/23).

Mereka adalah G (32), S (18), R (23), AR (23), F (14), SI (14), H (13), DK (24), AS (44), Z (58), SO (43), NS (28), T (43), M (28), AM (70), dan SU (37).

Mulanya warga mencurigai mobil berwarna putih dengan pelat nomor F-1403-RK. Mobil tersebut berisi 16 orang.

Warga sempat bertanya terkait maksud dan tujuan mereka. Mereka mengaku sebagai relawan dari Yayasan Islahul Hayat yang ditugaskan untuk mencari dana untuk yayasan.

Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono menyebut saat itu petugas mengecek ke Yayasan Islahul Hayat. Namun pihak yayasan membantah bahwa 16 orang itu utusan yayasan.

"Di Cek via telepon ke Yayasan Islahul Hayat menjelaskan bahwa mereka bukan petugas pencari dana untuk yayasan dan pihak yayasan tidak bertanggung jawab atas perbuatan mereka," ujarnya Rabu (25/1/23).

Jupriono mengatakan 16 orang itu meminta sumbangan warga dengan cara berjalan kaki. Mereka juga menenteng kotak amal dan surat tugas sebagai pencari dana yang ternyata palsu.

"Mengingat ke-16 orang tersebut meresahkan masyarakat selanjutnya dibawa dan diamankan ke Polsek Ciracas setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Namun Jelasnya tidak ditemukan unsur pidana dan selanjutnya ke 16 orang tersebut diserahkan ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut.**