Gong Xi Fa Cai - Kiong Hi dalam Dialek Hokkian Artinya Selamat

Gong Xi Fa Cai - Kiong Hi dalam Dialek Hokkian Artinya Selamat

Kabar Religi - Melansir situs resmi Kemenag RI, arti Kiong Hi dalam dialek Hokkian adalah 'Selamat'. Arti Kiong Hi dalam Imlek adalah berarti ucapan selamat kepada mereka yang merayakan tahun baru Imlek, seperti ucapan selamat merayakan tahun baru Imlek.

Arti Kiong Hi dalam perayaan tahun baru Imlek sebenarnya berasal dari ucapan Gong Xi Fa Cai dan ucapan Kiong Hi atau Kiong Hie turut mewarnai dalam perayaan tahun baru Imlek.

Kata Kiong Hi atau Kiong Hie sejatinya berasal dari kalimat Gong Xi Fa Cai, dalam lafal Mandarin. Sementara dalam dialek Hokkian Gong Xi Fa Cai bunyinya menjadi Kiong Hi Huat Cai atau biasa disingkat Kiong Hi atau Kiong Hie saja.

Melansir situs Dinas Komunikasi dan Informatika, secara harfiah, arti Gong Xi Fa Cai adalah semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran atau kesejahteraan. Atau sederhananya Gong Xi Fa Cai artinya Selamat Sejahtera atau Selamat Menjadi Kaya.

Ada banyak ucapan khas dalam perayaan tahun baru Imlek. Ucapan-ucapan tersebut banyaknya berkaitan dengan pengharapan akan kesejahteraan, kesehatan, kesuksesan dan keberhasilan untuk tahun baru.

Merujuk dari buku berjudul 'Perayaan Tionghoa di Indonesia' karya Alex Cheung dan kawan-kawan, di kalangan masyarakat Tionghoa di Indonesia, pengucapan selamat tahun baru Imlek yang umum dipakai, biasanya dari bahasa Hokkian.**