Rute Batam, Bandara Japura Kembali Beroperasi Pekan Depan

Rute Batam, Bandara Japura Kembali Beroperasi Pekan Depan

HENDRIZAL

INHU - Jika tidak ada aral melintang Bandara Udara Japura di Desa Japura Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau akan kembali beroperasi, pekan depan.

Untuk sementara, penerbangan Bandara Japura akan melayani penumpang dengan rute Japura - Batam dua kali sepekan. Yakni hari setiap hari Senin dengan jadwal take off dari Bandara Japura sekitar 10.30 Wib dan dihari Jum'at, take off sekitar pukul 10.30 Wib.

"Mudah mudahan Senin pekan akan dibuka," jawab Sekdakab Pemkab Inhu Ir H Hendrizal MSi, Selasa (10/2/23) disele pimpin rakor rencana pengoperasian kembli Bandara.

Rakor kali itu di ruang Thamsir Rachman Lt. IV Kantor Bupati Inhu dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Paino, SP, Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum, Ahmad Syukur, S. Sos. M. Si, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Bakri, ST, Perwakilan Polres Inhu, Perwakilan Kodim/0302 Inhu, Perwakilan Kejaksaan, perwakilan Bank, Perwakilan Pertamina dan beberapa Perusahaan di Inhu.

Hendrizal berharap Bandara Japura bisa eksis operasional sehingga tidak terulang pengalaman sebelumnya sudah dua kali melakukan penerbangan namun akhirnya terhenti akibat kurang kuota penumpang.

Maka kepada pihak Perbankan dan Perusahaan lainnya yang hendak bepergian keluar kota, seperti ke Jakarta, Hendrizal berharap bisa lewat Bandara Japura transit Batam sehingga kelangsungan operasional Bandara tetap terjaga.

Terpisah kepala Bandara Japura Alek Rudi Naenggolan membenarkan rencana operasional Bandara Japura rute Japura - Batam (PP) akan dimulai pekan depan dengan pelayanan terbang sebanyak dua kali sepekan, Senin dan Jum'at.

Nama Pesawatnya, Wings Air ATR 72.

Kepala Bandara Japura, Alek Rudi, menyambut baik suport dari Pemkab Inhu sehingga penerbangan benar-benar terwujud di Minggu ketiga bulan Januari 2023.

Rakor menyimpulkan, kata Alek, harga ticket sekali tebang ke Bandaranya Hang Nadim Batam dikisaran Rp800 ribu hingga Rp1 juta. "Namun ini belum fina, akan kembali dirapatkan bersama Pemkab," singkat Alek. (krc)