Lapas Narkotika Rumbai Adakan Pendekatan Komunikasi Asertif ! Kata Kalapas Ini Cara Pembinaan Kepribadian 

Lapas Narkotika Rumbai Adakan Pendekatan Komunikasi Asertif ! Kata Kalapas Ini Cara Pembinaan Kepribadian 

Pekanbaru -- Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai, Bersama Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia Lapas Narkotika lakukan pendekatan komunikasi asertif dalam rangka pembinaan kepribadian bagi warga binaan, kegiatan tersebut digelar di Poliklinik Kamis (29/12).

Hal ini disampaikan Sugiharto Kepala Lapas Narkotika Rumbai, yang menerangkan Bahwa komunikasi asertif merupakan cara seseorang mengekspresikan dan menyampaikan pesan dengan berbagai cara agar didengarkan dan dimengerti oleh orang lain. "Dengan berkomunikasi, seseorang dapat mencurahkan isi hatinya dalam bentuk cerita, keluh kesah, dan lainnya.

Dengan pendekatan pelatihan dan pembinaan kepribadian dengan pendekatan komunikasi asertif di mana seseorang dapat menyampaikan pendapatnya secara lugas tanpa menyinggung orang tertentu baik secara verbal maupun non-verbal. 

" Keterampilan berkomunikasi seperti ini akan menumbuhkan rasa saling menghargai dan terbuka sehingga komunikasi berjalan secara singkat, jelas, dan efektif." Ulasnya Sugiharto.

Menurutnya, komunikasi asertif juga dapat memperkuat hubungan, mengurangi stres akibat konflik, dan memberi dukungan sosial saat menghadapi masa-masa sulit. Perilaku asertif dianggap dapat menunjukkan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain, mendorong pengungkapan diri, pengendalian diri, dan apresiasi positif terhadap harga diri.

Dengan Kerjasama dengan organisasi Pemerintah maupun organisasi non pemerintah diharapkan dapat berjalan dengan baik dan tidak menutup kemungkinan, lapas narkotika juga akan bekerjasama dengan lembaga lembaga lainnya, sehingga dengan tujuan pemasyarakatan yaitu reintegrasi Sosial dapat tercapai." Tutup Sugiharto.