KTT G20 di Bali, Pembicaraan Bocor ke Media Xi Jinping Sindir Perdana Menteri Kanada

KTT G20 di Bali, Pembicaraan Bocor ke Media Xi Jinping Sindir Perdana Menteri Kanada

Bali - Karena obrolan mereka bocor ke media Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping mengambil momen ini menceramahi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Sempat terjadi momen menegangkan pasalnya pembicaraan antara Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping dan Xi Trudeau.Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ini bocor.

Terlihat tangan Xi Jinping sedikit naik sampai ke perut atas, namun dalam posisi terbuka. Kadang tangannya naik sampai ke dada dalam gestur seperti menekankan apa yang disampaikannya.

Pandangan Xi Jinping menatap langsung ke Trudeau. Xi Jinping terus berbicara dengan nada menceramahi Trudeau. Juga Xi Jinping tertangkap kamera sedang menegur Trudeau. Si penerjemah Xi Jinping menyebut ada isu 'diskusi yang bocor ke publik'.

"Semua yang kita diskusikan telah bocor ke koran dan itu tidak pantas dan itu bukanlah cara pembicaraan dilakukan terbuka untuk umum," kata penerjemah Xi Jinping.

Sikap tubuh Trudeau terlihat berdiri tegak dengan mata memperhatikan Xi Jinping. Sesekali, Trudeau terlihat mengangguk. Xi masih terus berbicara.

"Jika ada ketulusan di pihakmu, maka kita akan menggelar pembicaraan dengan sikap saling menghormati, bila sebaliknya maka bisa ada konsekuensi yang tidak bisa diprediksi," kata Xi ke Trudeau via penerjemah, namun penerjemah hanya menerjemahkan, "Bila ada ketulusan di pihakmu”.**