Soal Tiga Rudal Hantam Polandia Dekat Perbatasan Ukraina, Volodymyr Zelensky Jawab Ini?

Soal Tiga Rudal Hantam Polandia Dekat Perbatasan Ukraina, Volodymyr Zelensky Jawab Ini?

Kyiv - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa dia tak sepenuhnya yakin apa yang menyebabkan rudal jatuh di Polandia dekat perbatasan Ukraina.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi. Kami tidak tahu pasti. Dunia tidak tahu. Tapi saya yakin itu adalah rudal Rusia, saya yakin kami menembak dari sistem pertahanan udara," kata Zelensky dan menyebut bahwa tak mungkin berbicara untuk lebih detail saat ini.

Dilansir dari laman AFP, Kamis (17/11/22) Zelensky mengatakan pihaknya tak bisa bicara banyak hari ini. Dia lantas menekankan bahwa Ukraina melakukan sistem pertahanan.

"Tetapi tidak mungkin untuk membicarakan sesuatu yang spesifik hari ini, bahwa itu adalah pertahanan udara Ukraina," jelasnya.

Dua orang tewas akibat rudal yang jatuh di desa Przewodow, Polandia. Rudal itu sebelumnya sempat disebut-sebut milik Rusia, tapi ternyata justru itu milik 'tetangga' yakni Ukraina.

Rudal itu jatuh pada Selasa (15/11) malam di desa Przewodow, yang terletak dekat dengan perbatasan Ukraina. Pemerintah Polandia menduga rudal itu milik Rusia.

"Untuk saat ini kami tidak memiliki bukti kuat soal siapa yang menembakkan rudal itu. Penyelidikan tengah berlangsung," kata Presiden Polandia Andrzej Duda dilansir AFP pada Rabu (16/11/22) waktu setempat.

Menurut para pejabat AS itu, rudal itu ditembakkan oleh Kiev saat menghalau serangan rudal Rusia.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/11/22), informasi itu diungkapkan oleh tiga pejabat AS yang tidak bisa disebut identitasnya karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

Dari laporan Associated Press. Selasa (15/11/22) "tiga pejabat AS mengatakan penilaian awal menunjukkan rudal itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina terhadap satu rudal Rusia yang datang di tengah salvo yang menghancurkan terhadap infrastruktur listrik Ukraina".**