Wanita Ini Rela Tinggalkan Profesi Mengajar Demi Putar Roda Ekonomi

Wanita Ini Rela Tinggalkan Profesi Mengajar Demi Putar Roda Ekonomi

Jakarta - Bagi sebagian orang, pekerjaan menjadi jasa pembersih rumah (home cleaning) kerap dipandang sebelah mata. Namun tidak bagi seorang ibu rumah tangga bernama Oki Yanti (28th).

Demi menghidupi kebutuhan hidup sehari-hari, ia rela banting setir yang tadinya bekerja sebagai pengajar guru TK lalu beralih menjadi Rekan Jasa (RJP) Pinhome di bidang home cleaning.

Sebagai perkenalan, Oki Yanti merupakan ibu dari dua orang anak berdomisili Medan yang kini aktif sebagai RJP Pinhome di jasa home cleaning. Sama halnya dengan masyarakat pada umumnya, beliau pun merasakan pukulan telak sulitnya mencari nafkah di tengah pandemi.

Sebelum bekerja di Pinhome sebagai RJP, Oki sempat bekerja sebagai guru TK. Singkat cerita, ia harus merelakan berhenti dari pekerjaannya karena anak-anak di tempat ia mengajar harus belajar dari rumah karena efek pandemi. Imbasnya, ia pun harus merelakan kehilangan mata pencahariannya.

Awalnya, ia sempat bingung harus mencari kerja dan bekerja sebagai apa. Di tengah kegalauan tersebut, ia pun memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai RJP di Pinhome dan bertugas sebagai jasa home cleaning.

Selayaknya sebuah awal, Oki merasakan tantangan tersendiri dalam melakukan pekerjaan ini. Pasalnya, yang sedari awal ia terbiasa akrab dan mendidik anak-anak usia belia, kini ia harus beralih menjajakan jasa pembersihan rumah, dari satu kediaman ke kediaman lain.

"Awalnya saya tidak terbiasa dengan pekerjaan baru (sebagai RJP home cleaning), namun saya tetap berusaha. (Saya) makin semangat karena pendapatan (sebagai RJP) lebih besar (dibanding pekerjaan lama)," tutur Oki.

Walau sempat merasa canggung dan risih dengan pekerjaan ini, ia teguh untuk pantang menyerah. Meski pekerjaan semacam ini kerap dipandang sebelah mata, ia merasa bahwa bekerja di sektor ini bukanlah sebuah aib.

Meskipun banyak pula orang yang menyayangkan keputusannya berhenti sebagai guru. Omongan orang lain mungkin terasa menyakitkan, tapi tekadnya yang kuat dan semangat untuk terus mendukung pendidikan anak-anaknya, menjadi pemecut utama untuk terus tegar dan semangat mencari nafkah. Bahkan, ia merasa pekerjaan barunya ini jauh lebih mengasyikkan dan pendapatan yang ia peroleh lebih besar dibandingkan dahulu. 

Sebagai RJP, beliau merasa Pinhome Home Service (PHS) lebih santer terdengar di kalangan pelanggannya. Meski pernah ada tawaran untuk mengajar kembali, RJP yang baru saja bekerja selepas lebaran 2021 ini tetap memilih fokus bekerja di bidang home cleaning.

Mengingat ada begitu banyak RJP yang satu domisili dengan Oki, ia pun bergabung dalam komunitas yang ada. Di sana, ia tak hanya ikut sebagai anggota semata. Melainkan, ia juga turut andil dalam berbagai kegiatan. Sebagai contoh, ia mempelajari teknik bersih-bersih setiap RJP, karena sangat mungkin adanya perbedaan di setiap RJP saat membersihkan rumah pelanggan.

Dari sini, Oki beserta kawan-kawannya saling berbagi seputar trik tersebut. Tidak hanya itu, mereka kerap pergi dan berkumpul bersama-sama hingga komunitas ini terasa lebih dekat dan bermanfaat satu sama lain. 

"Saya turut tergabung dengan komunitas sesama Rekan Jasa Pinhome. Saya banyak belajar dari komunitas ini, saling berbagi ilmu dan tips, banyak lah manfaatnya," punkasnya.**